Keuchik Zainal Minta PKK Turun ke Gampong-Gampong

Keuchik Zainal Minta PKK Turun ke Gampong-Gampong

 

Gema JUMAT, 13 November 2015

Banda Aceh (Gema)- Wakil Wali Kota Banda Aceh Drs H Zainal Arifi n meminta Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk lebih sering turun ke gampong-gampong.

“Tapi jangan sekedar kunjungan semata, hendaknya juga membawa program yang langsung menyentuh masyarakat,” begitu ungkap pria yang akrab disapa Keuchik Zainal ini saat membuka Rapat Konsultasi TP PKK Banda Aceh, Rabu (11/11).

Menurutnya, sejumlah program penting tersebut antara lain terkait penanganan sampah, pencegahan Narkoba, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Kampanye membuang sampah pada tempatnya misalnya, sangat efektif dilakukan oleh PKK, karena ibu-ibu yang lebih dekat dengan masyarakat.”

“Demikian pula haln ya dalam pencegahan Narkoba, ibu-ibu memegang peranan penting. Orangtua harus memberi perhatian Keuchik Zainal Minta PKK Turun ke Gampong-Gampong dengan penuh kasih sayang kepada anak-anaknya di rumah dan jauhkan mereka sedini mungkin dari rokok,” katanya.

Katanya lagi, 32 persen alokasi APBN saat ini diplot untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, tapi hanya bisa memperkecil angka kemiskinan sebesar dua persen saja. “Ini akibat program yang kurang menyentuh, disamping ada kebocoran dana. “Untuk itu, PKK harus lebih pro aktif, jika memang di gampong ada program pemerintah yang tidak tepat sasaran.”

Acara yang digelar di Aula Lantai IV, Balai Kota Banda Aceh,11-12 November 2015, itu diikuti oleh seluruh pengurus TP PKK tingkat kecamatan seBanda Aceh. Adapun tema yang diangkat “Membangun Persamaan Persepsi dan Memperkuat Koordinasi Gerakan PKK Menuju Banda Aceh Model Kota Madani.”

Salah satu materi yang dibahas tentang kebijakan Pemko Banda Aceh terkait pembangunan gampong dan keluarga sejahtera.‎ Pada acara pembukaan tadi turut hadir Ketua TP PKK Banda Aceh Fauziah Zainal Arifi n, Ketua Dharma Wanita Buraida Bahagia, sejumlah Kepala SKPK dan anggota DPRK Banda Aceh Syarifah Munirah.

Pada kesempatan yang sama, turut diumumkan dan diserahkan hadiah kepada para pemenang lomba 10 program PKK yakni lomba Tertib Administrasi PKK Gampong, Pelaksana Terbaik UP2K, Pelaksana Terbaik Hatinya PKK dan Posyandu Terbaik.

Juara pertama Tertib Administrasi PKK Gampong diraih oleh Gampong Lamdom, juara kedua Gampong Ateuk Pahlawan dan juara ketiga Gampong Doy. Juara I, II, dan III

Pelaksana Terbaik UP2K, masing-masing diraih oleh Gampong Suka Damai, Deah Baro dan Kota Baru. Pelaksana Terbaik Hatinya PKK diraih oleh Gampong Baru. Tempat kedua dan ketiga ditempati oleh Gampong Neusu Jaya, dan Gampong Laksana. Sementara predikat Posyandu Terbaik diberikan kepada Posyandu Keunanga Blang Oi, Posyandu Poteumeureuhom Lamteh, dan Posyandu Permata Bunda Seutui.

Para pemenang lomba 10 prgram PKK tersebut berhak atas trofi dan uang pembinaan jutaan rupiah. Selain itu, khusus kepada pemenang Pelaksana Terbaik Hatinya PKK, juga diberikan hadiah berupa ratusan bibit pohon Mangga dan Belimbing Wuluh serta pupuk.(adv)

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.