‘Membumikan’ al-Quran di Kota Madani

‘Membumikan’ al-Quran di Kota Madani

Gema JUMAT, 11 Desember 2015

Banda aceh- (gema) Pesawat Garuda Indonesia GA146 yang membawa Shamsi Ali, Imam Besar Masjid Al-Hikmah, Islamic Center New York, Amerika Serikat, mendarat di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Rabu (9/12/2015) siang.

Kedatangan Imam masjid terbesar di New York tersebut disambut langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE bersama Wakil Rektor UIN Ar-Raniry Dr H Syamsul Rizal MAg dan sejumlah pejabat di lingkup Pemko Banda Aceh di Ruang VIP Bandara SIM.

Di tempat yang sama, Illiza dan Shamsi Ali beserta rombongan juga bertemu sejenak dengan Wamenlu Amerika Serikat Dr Sarah Sewall dan Mendikbud RI Anies Baswedan PhD yang hendak bertolak ke Jakarta usai melakukan kunjungan kerja di Banda Aceh. Terlihat hadir pula di sana Asisten II Setda Aceh Azhari SE MSi.

Shamsi Ali -pria kelahiran Sulawesi Selatan yang juga menjabat Direktur Jamaica’s Moslem Center, ini akan menghadiri Wisuda Akbar Tahfizhul Quran di Bustanussalatin (Taman Sari) yang digelar Pemko Banda Aceh. Agenda lainnya, ia mengisi kuliah umum di UIN ArRaniry pada Jumat (11/12).

Selain Shamsi Ali, Wisuda Akbar Tahfizhul Quran Pemko Banda Aceh 2015, juga akan diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustaz Yusuf Mansur. Pimpinan Ma’had Daarul Quran Jakarta itu dijadwalkan tiba malam harinya di Banda Aceh.

Menurut Illiza, kehadiran Imam Shamsi Ali dan Ustaz Yusuf Mansur di event yang digelar oleh Dinas Syariat Islam Banda Aceh itu untuk memberikan motivasi kepada para penghafal Al-Quran di Kota Banda Aceh.

“Tentu kita sangat berterimakasih dan bersyukur karena orang-orang saleh terus berdatangan ke Kota Banda Aceh. Besok beliau berdua akan menyampaikan tausiah untuk memotivasi kita semua, khususnya anak-anak kita para penghafal Al-Quran,” ungkapnya.

Masih menurut Illiza, pihaknya sangat serius untuk ‘membumikan’ Al-Quran di Kota Banda Aceh, sejalan dengan visi menjadikan ibukota Provinsi Aceh ini sebagai Model Kota Madani. “Sejak beberapa tahun yang lalu, kita telah membentuk halaqah-halaqah tahfiz Quran di beberapa masjid, dan ke depan kita upayakan pendirian balee tahfiz di setiap gampong. Tujuan besar kita melahirkan generasi qurani.”

Kabid Pengembangan Syariah dan Dayah DSI Banda Aceh Wirzaini SHI menambahkan, bertepatan dengan wisuda Tahfizhul Quran, Wali Kota Illiza juga akan meluncurkan program Banda Aceh Menghafal “One Day One Ayat”. “Untuk tahap awal, program yang kita adopsi dari metode Ustaz Yusuf Mansur ini akan kita terapkan di seluruh SLTA/sederajat di Banda Aceh.”

“Dari Taman Bustanussalatin, Wali Kota Illiza bersama Ustaz Yusuf Mansur, Imam Shamsi Ali dan unsur Forkompinda serta para Kepala SKPK direncanakan akan menuju ke SMAN 2 Banda Aceh untuk meninjau kesiapan program ‘One Day One Ayat’ ini,” pungkasnya.(humas kota).

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.