Puasa Itu Menyehatkan

Puasa Itu Menyehatkan

Gema JUMAT, 03 JUNI 2016

Dr. dr. Mohd. Andalas, Sp.OG (Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Syiah

Sebagai orang yang beriman kita diwajibkan untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. Puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan hal lain  yang membatalkan puasa mulai terbit fajar  sampai terbenamnya matahari. Bagaimana dalam ilmu kesehatan tentang puasa, simak wawancara singkat wartawan Gema Baiturrahman Indra Kariadi dengan Dr. dr. Mohd. Andalas, Sp.OG, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Bagaimana hubungan antara puasa dan kesehatan?

Puasa mengandung aspek sosial tinggi, dengan berpuasa seseorang berlatih kepekaan sosial,.dengan kata lain puasa adalah zakat jiwa. Puasa bila kita berada  dinegara tropis durasinya  tetap sekitar12 jam berbeda dengan Negara  di benuya lain, misal disaat musim summer/panas, menjadi 16 jam  karena matakhari terbenam jam 9-10 malam.

Bila dilihat dari  jarak interval waktu    maka cukup bermakna jaraknya dan pengaruh waktu yang jauh ini akan berakibat pada  suplai energi bagi aktifitas tubuh seseorang menjadi terganggu.. Keluhan tersebut sedikit bertambah jika seseorang dengan riwayat ada masalah dengan pencernaan.

Apakah aman berpuasa bagi seseorang dengan sakit lambung/pencernaan? 

Secara anatomi perjalanan  makanan dari mulut masuk kesaluran osephagus, ditampung di lambung 3 sampai 5 jam  dan di lepas ke dalam usus kecil dan besar. Didalam usus tadi makanan tadi diproses dan saripati diambil tubuh  diedarkan melalui pembuluh darah untuk mensuplai kebutuhan kalori/energi tubuh,  mempertahan/mengganti sel tubuh dan lain-lain. Sedangkan sisanya akan dibuang menjadi kotoran tubuh/feses, cairan racun akan dibuang melewati ginjal sesoarang..Proses siklus alur ini adalah sistim keseimbangan tubuh yang normal, bila karena factor tertentu ginjal tidak berfungsi(abnormal) maka  racun dari tubuh harus dibuang menggunakan mesin cuci darah… Maka bersyukurlah bagi yang diberikan nikmat sehat oleh Allaah subhanw wataala.

Alat pencernaan seseorang normalnya terus bergerak yang dikenal dengan peristaltic usus, akibat adanya perubahan potensial membrane sel usus, umumnya gerakan dalam  gelombang lambat. Ritme gerakan ini juga sangat sistematis, misal gerakan dari atas lambung  kira-kira 3 kali permenit, di duodenum/usus halus 12 kali permenit, di usus bagian bawah/ileum 8-9 kali permenit.

Apa hikmah orang yang berpuasa dalam ilmu kesehatan?

Jika seseorang puasa, maka terjadi abstinesia atau tidak makan  dan minum dalam 12-14 jam hal ini membuat  kadar glukosa darah berkurang dan tentu  tubuh berusaha mencukupi kekurangan tersebut  melalui  pemakaian stok glikogen/cadangan energi  yang disimpan di hati atau otot. Bila kadar  cadangan tak cukup akan diambil dari  stok cadangan lemak tubuh, hal ini yang sering digunakan sebagai cara menurunkan berat badan tubuh dengan berpuasa, dan bisa terlihat pada  wajah orang yang mogok makan  wajahnya menjadi kurus karena lemak tubuh telah dibakar.

Penelitinan menunjukkan manfaat berpuasa  terhadap penurunan  risiko kanker, penyakit jantung, sakit gula, gangguan kekebalan tubuh, gangguan kerja insulin dan penyakit ketuaan..

Apakah boleh puasa bagi ibu hamil/menyusui ?             

Ibu hamil ada 2 tugas utama, pertama perlu asupan makanan untuk kesehatan dirinya  dan asupan untuk  bayinya. Umumnya seorang ibu hamil membutuhkan  tambahan 700 kalori dati kebutuhan normal seorang dewasa yakni 2100 kalori. Tentu bila berpuasa asupan menjadi berkurang.  Apakah  keadaan puasa tersebut berisiko bagi janin? Tentu jawabannya tidak asalkan  ibu sehat, tidak dalam kondisi hamil muda, karena masih kurang mau makan atau mual dan muntah.

Ibu hamil yang sehat  dibenarkan puasa bila ibu melakukan  asupan yang baik atau cukup gizi saat sahur.  Di anjurkan  saat sahur ibu makan  makanan yang berserat, banyak mengandung protein, kurangi asupan makanan yang mengandung gas dan lemak. Trik dalam mengatur asupan makanan ini penting karena akan membuat seorang ibu hamil aman menjalankan ibadah puasa dan bayi juga mendapat suplai gizi cukup.Disarankan saat berpuasa  perbanyak makanan yang mengadung serat, karena  makanan berserat lambat diserap  sehingga dapat memperlambat pengosongan lambung  dan mengurangi rasa lapar.

Bagaimana cara berpuasa yang baik dan sehat?

Selama menjalankan ibadah puasa  sebaiknya harus pintar dalam memilih makanan untuk berbuka  dan saat sahur. Berhati-hati dengan asupan  makanan cepat saji(fast food) dan  junk food.  Walau diketahu  makanan cepat saji tinggi kadar gizinya tapi tak seimbang, saat ini begitu banyak makanan  makanan cepat saji, seperti, FC(fried chiken), Pizza, spageti, hot dog  dan masih banyal lainnya. Makanan -makanan tersebut komposisi  bahan makanannya kurang memenuhi standar makanan sehat seimbang, antara lain kadar lemak jenuh berlebihan, kurang serat, kurang vitamin , terlalu banyak sodium/garam . Apalagi bila di minum dengan cocacola yang berisiko meningkatkan sekresi asam urat tentu bagi  kelompok dengan keluhan asam urat. Kulit ayam goring  juga mengandung kolesterol tinggi.

Sedangkan pada makanan junk food, misalnya makanan snack yang terbuat dari umbi-umbian, kentang, jagung dan lain-lainnya,  Makana-makanan junk food berkalori tinggi tapi  kuarng kandungan vitamin, makanya diberi nama  junk food atau makanan sampah..

Makanan-makanan cepat saji  boleh saja dimakan saat  berbuka atau sahur selama bulan  puasa tetapi harus hati-hati bagi kelompok yang ada riwayat darah tinggi, bila  kadar asam urat tinggi. Juga kehati-hatian dalam memilih minuman pembuka, jangan minum makanan yang mengandung banyak  soda,  karena membuat seseorang merasa kembung dan membuat nasfu makan berkurang. Hal ini tidak baik kalau sempat dilakukan saat sahur sehingga asupan gizi menjadi berkurang karena tidak ada nafsu makan.

 

 

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.