Bulan Peningkatan

Bulan Peningkatan

Gema JUMAT, 15 JULI 2016

Oleh H. Basri A. Bakar

Sesungguhnya amal yang paling dicintai Allah adalah yang terus menerus (kontinyu) meskipun sedikit  (HR. Bukhari – Muslim).

Kita baru saja meninggalkan bulan suci Ramadhan yang berlanjut dengan merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1437. Selama Ramadhan, ummat Islam berlomba-lomba melaksanakan amal ibadah baik wajib maupun sunat semata-mata mengharap ridha Allah. Selama sebulan itu, ummat Islam dilatih untuk menahan hawa nafsu, kesabaran dan peduli kepada sesama. Malam harinya memperbanyak shalat-shalat sunat, qiyamul lail, tadarus, belajar dan tafakkur, maupun ibadah-ibadah lainnya, maka otomatisasi peningkatan kualitas kebaikan tentunya mampu berjalan dengan sendirinya.

Sekarang kita sedang berada dalam bulan Syawal yang dimaknai sebagai bulan peningkatan amal kebajikan. Syawal merupakan salah satu bulan yang menuntut kita untuk melanjutkan sesuatu amalan yang baik bahkan ditingkatkan baik secara kwantitas maupun kualitasnya.

Hal itu merupakan target ibadah puasa. Pasca-Ramadan diharapkan orang-orang yang beriman dapat meraih derajat ketakwaan, yakni seorang muslim yang terlahir kembali dari perut ibunya, sehingga di bulan Syawal ini kualitas keimanannya mengalami peningkatan. Tidak hanya kualitas ibadah, tetapi juga kualitas pribadinya, yang selama di bulan Ramadan dilatih secara lahir batin.

Sedikitnya 5 hal yang perlu ada peningkatan kualitas sejak memasuki bulan Syawal. Pertama, tentang niatan menjalani berbagai aktifitassemata-mata karena Allah, untuk Allah, dan demi Allah. Kedua, peningkatan kualitas dalam hal beribadah dan kinerjanya, baik dalam belajar, bekerja, maupun aktifitas lain. Ketiga, peningkatan kecerdasan mengelola masalah dan menghadapinya secara bijaksana. Keempat, kebersamaan dan musyawarahan. Kelima, yang perlu peningkatan kualitasnya adalah pengetahuan pemahaman sekaligus realisasi jiwa ra’in (jiwa pemimpin atau pendidik).

 

ahmuddin, Lc

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.