1

ALUMNI RAMADHAN

Gema JUmaT, 7 JULI 2017

Oleh Tgk H Muhammad Hatta, Lc MA

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat, maghfirah dan jaminan kemerdekaan dari api neraka.  Bulan yang penuh dengan segala keistimewaan ini telah pergi meninggalkan kita, apakah kita akan kembali Allah SWT pertemukan dengannya?

Namun yang lebih penting dari itu semua, bagaimana kita bisa mengimplementasikan nilai-nilai ramadhan dalam kehidupan kita.  Ramadhan mengajarkan banyak hal kepada kita, antara lain:

  1. Ramadhan mengajarkan kedisiplinan. Bagaimana kita mampu melakukan rutinitas sepanjang ramadhan dengan sangat disiplin, mulai dari shalat berjamaah, qiyamul lail, sahur, puasa di siang ramadhan, membaca al-Quran dan ibadah lainnya.  Kiranya hal ini terus kita lanjutkan sekalipun ramadhan telah berakhir.
  2. Ramadhan mengajarkan amanah. Bagaimana seseorang yang menjalankan ibadah puasa begitu jujur sepanjang puasa sekalipun ia mampu berbuat curang atau tidak berpuasa, namun hal ini tidak kita lakukan karena keyakinan kita kepada pantauan Allah swt terhadap perbuatan kita.  Maka sifat amanah ini sewajarnya juga kita implementasikan dalam tindakan kita secara keseluruhan.
  3. Ramadhan mengajarkan sosial. Bagaimana sepanjang ramadhan kita bersedekah, merasakan derita mereka yang tidak memiliki makanan untuk dimakan, sehingga kita memberikan sedikit bahan berbuka bagi mereka, seharusnya setelah ramadhan hal ini terus kita lanjutkan karena masih banyak saudara-saudara kita yang hidup serba kekurangan.

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Qs.3:92

  1. Ramadhan mengajarkan hidup sederhana. Bagaimana lukmanul hakim mengajarkan kepada anak arti daripada sebuah kehidupan,

Artinya: beliau mengatakan bahwa kehidupan dunia ibarat lautan yang sangat dalam, dimana banyak orang-orang alim (berpengetahuan) tenggelam didalamnya, apa lagi kita yang jahil tidak berilmu pengetahuan.  Maka beliau menyampaikan kepada anaknya agar mempersiapkan kapal berupa taqwa kepada Allah swt untuk berlayar diatas lautan dunia, iman sebagai muatannya, tawakkal sebagai layarnya, akal sebagai nahkodanya, ilmu sebagai petunjuk (kompas), dan penghuninya adalah kesabaran, mudah-mudahan kamu sukses.

Maka hidup di dunia membutuhkan hal-hal yang telah disampaikan oleh lukmanul hakim, yang merupakan bagian daripada hikmah bagi kita sebagai alumni Ramadhan.

Mudah-mudahan dengan didikan sepanjang ramadhan, menjadikan kita orang-orang yang bertaqwa kepada Allah swt, mematuhi segala tuntutan syariah Islam, dan membentuk kepribadian mukmin yang sejati.

comments

Post Author: Nurjannah Usman