HIDUP DALAM FITRAH

HIDUP DALAM FITRAH

GEMA JUMAT, 11 AGUSTUS 2017

Prof. Dr. Tgk. H. Azman Ismail, MA (Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman)

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas” (Q.S. Al-Maidah ayat 87)

Dalam ayat di atas dijelaskan bahwasanya Allah memberikan penerangan kepada kaum muslimin tentang bagaimana memahami anugerah dan karunia yang telah diberikan oleh Allah kepada kaum muslimin. Ayat ini berkenaan dengan keinginan beberapa orang sahabat yang ingin mengharamkan atas diri mereka untuk memakan makanan daging atau menikahi wanita, agar mereka dapat tekun beribadah kepada Allah semata, karena mereka melihat para rahib atau pendeta Nasrani melakukan hal itu dalam peribadatan . Namun Allah melarang untuk melakukan hal-hal yang menentang fi trah manusia itu sendiri, yaitu menikmati makanan yang dihalalkan oleh Allah dan menikahi wanita,  sebagai fi trah manusia untuk cenderung kepada wanita.

Demikianlah karunia dan anugerah Allah, Allah memberikan perintah kepada kaum muslimin sesuai dengan fi trah dan manusia, sehingga Allah tidak membenarkan prilaku yang mengharamkan sesuatu yang sebenarnya sesuatu itu adalah fi trah bagi manusia. Allah dalam pernyataan tersirat memerintahkan agar manusia tetap hidup sesuai fi trah, tidak berlebihan memandang kehidupan dunia sebagai kehidupan yang tidak berguna. Allah maha mengetahui apa yang dibutuhkan oleh manusia, bagi dirinya, bagi jiwanya dan bagi masa depannya. Jadi untuk apa kita mengharamkan apa yang dihalalkan oleh Allah? Oleh karena itu, marilah kita hidup di atas rel kehidupan dengan menjalani hidup sewajarnya. Memakan makanan yang baik bagi tubuh kita, serta menikah dengan wanita salehah agar kita merasa tenang dan dapat berkasih sayang dalam lindungan-Nya, di samping bahwa kita tidak mengabaikan perintah Allah dalam beragama. Wallahu a’lam bi shawaab.

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.