Wakil Perdana Mentri Turki Muslim Seperti Susunan Batu Bata

Wakil Perdana Mentri Turki Muslim Seperti Susunan Batu Bata

GEMA JUMAT, 20 OKTOBER 2017,muslim,aceh

Wakil Perdana Menteri Turki Fikri Isik mendatangi Aceh setelah mengikuti sebuah pertemuan di Jakarta. Ia sudah meminta secara khusus kepada Presiden Joko Widodo untuk bisa mengunjungi Aceh. Ia dijemput langsung oleh Irwandi Yusuf, Gubernur Aceh, setibanya di Banda Sultan Iskandar Muda. Sebelumnya Irwandi sendiri sudah mengunjungi Turki beberapa waktu lalu.

Kedatangannya akan semakin memperkuat persaudaraan antara Turki dan Aceh yang sudah terjalin sejak masa kerajaan dulu. Pidatonya seusai pelaksanaan ibadah Jumat (13/10) di Masjid Raya Baiturrahman menggugah orang-orang yang mendengarnya. Bagaimana tidak, Fikri mengatakan, mereka akan mengikuti jejak kakek mereka terdahulu, Kesultan Utsmaniyah, yang telah membantu Aceh ketika ingin dijajah Portugis.

“Kami akan mengikuti jejak-jejak kakek kami terdahulu,” papar Fikri tegas. Pernyataannya disambut dengan takbir oleh jamaah. Mereka begitu terkesima mendengarnya. Di sisi kirinya, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf berdiri tegap.

Ia mengatakan, hubungan Turki dan Aceh sudah terjalin berabad-abad lamanya. Tambahnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan rakyat Turki mengirimkan salam kepada masyarakat Aceh.

Saat gempa dan tsunami melanda Aceh pada 26 Desember 2004, Turki merasakan kesedihan mendalam. Turki – Aceh saling mendukung. Mereka tahu bagaimana rakyat Aceh mendukung Pemerintah Turki ketika ada percobaan kudeta di sana. “Demi perdamaian, kita akan terus bekerjasama,” pungkasnya.

Tambahnya, ia merasakan persaudaraan umat Islam begitu kuat kala dirinya salat di Masjid Istiqlal dan Masjid Raya Baiturrahman. ia mengibaratkan kaum muslimin seperti susunan batu bata. Zulfurqan

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.