Abdya Studi Banding ke Baitul Mal Banda Aceh

Abdya Studi Banding ke Baitul Mal Banda Aceh

 

GEMA JUMAT, 08 DESEMBER 2017

Banda Aceh (Gema) – Pengurus Baitul Mal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) studi banding tentang manajemen dan pengelolaan Zakat, Infaq dan Sadaqah (ZIS) ke Baitul Mal Kota Banda Aceh, Kamis (7/12) di Aula Sekretariat Kantor Baitul Mal Banda Aceh.

Rombongan yang terdiri atas 12 orang tersebut diketuai Kepala Baitul Mal Abdya Ustadh Wahyudi, S.Pd.I diterima langsung Kepala Baitul Mal Banda Aceh, Tengku Safwani Zainun, S.Pd.I, didampingi Kepala Sekretariat, Ida Friatna, M.Ag bersama para pengurus lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa hal yang menjadi bahan diskusi, antara lain tentang pengelolaan zakat di Baitul Mal Banda Aceh yang dinilai sukses dibandingkan dengan sejumlah kabupaten/kota lainnya di provinsiAceh. Bahkan, pada tahun 2015 lalu, mendapat penghargaan Nasional dari Kemenag RI sebagai Baitul Mal Terbaik untuk kategori manajemen kelembagaan terbaik.

Kepala Baitul Mal Banda Aceh, Tgk Safwani Zainun, pada kesempatan itu menyampaikan program-program unggulan Baitul Mal Banda Aceh Aceh selama ini dalam pemberntas kemiskian. Dilanjutkan dengan penjelasan potensi-potensi zakat serta dari sektor mana saja zakat dipunggut dan bagaimana mekanisme zakat di Aceh.

Sementara itu, Kepala Baitul Mal Abdya, Ustadh Wahyudi Satria, S.Pd,I mengaku pihaknya ingin belajar lebih banyak dari Baitul Mal Banda Aceh. Khususnya, dalam pengumpulan dan pendistribusian ZIS. Apalagi kata dia, tahun 2018 nanti Baitul Mal Abdya menargetkan ZIS terkumpul sebanyak Rp 7,4 Miliyar. ”Kami ingin belajar banyak dari Banda Aceh, baik dalam pola dan mekanisme pengumpulan dan penyaluran zakat,” ujarnya. Marmus

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.