Tegas terhadap Kafir

Tegas terhadap Kafir

GEMA JUMAT, 22 DESEMBER 2017

Oleh H. Basri A. Bakar

“Dan orang-orang yang bersama dengan dia (Muhammad) adalah keras terhadap orang-orang kafir tetapi berkasih sayang dengan sesama mereka” (QS. Al-Fath: 29)

Islam adalah agama yang menghargai sesama dan sangat toleransi, bukan agama untuk mencari permusuhan. Bahkan terhadap kafir sekalipun, Islam bisa rukun damai sejauh mereka tidak menganggu persoalan akidah dan secara terang-terangan menghina Islam. Umat Islam bisa hidup berdampingan secara damai, dilarang menyakiti atau menzhalimi mereka jika tidak memerangi umat Islam. Umat Islam diharuskan menghormati keyakinan mereka dan tidak boleh memaksa mereka untuk masuk Islam (QS. Al Baqarah: 256). Ayat tersebut menerangkan bahwa Nabi Muhammad itu adalah Rasul yang diutus Allah SWT kepada seluruh umat manusia dan menjadi rahmat bagi sekalian alam.

Ayat yang secara khusus menegaskan hukum perang dalam Islam bisa disimak pada QS. Surat Al Baqarah ayat 216 – 218 yang mewajibkan umat Islam berperang untuk membela Islam yang sifatnya mempertahankan diri atau defensif (QS. Al Baqarah: 190).

 

Dalam menyikapi keyakinan orang kafir, Allah SWT mengajarkan:

“Katakanlah: Hai orang-orag kafir. Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu bukan penyembah Tuhan yang aku sembah. Dan aku tidak akan pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah. Dan kamu tidak pernah pula menjadi penyembah Tuhan yang aku sembah. Untukmu agamamu dan untukku agamaku” (QS. Al-Kafirun: 1-6).

Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu, jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal.  Ketika Allah memerintahkan Rasulullah SAW agar menyayangi dan lemah lembut kepada orang-orang beriman dan melarang bersikap keras kepada mereka, saat itu Allah pun memerintahkan beliau agar bersikap keras kepada kaum Kafir.

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.