Keajaiban Lebah

Keajaiban Lebah

GEMA JUMAT, 05 JANUARI 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: “Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu, dan di tempat yang dibikin manusia.” (QS. An-Nahl : 68)

Jika kita mendalami dunia lebah akan membuat kita terpesona dengan kebesaran dan keagungan Allah SWT. Lebah diabadikan dalam nama sebuah surat dalam Al Quran yaitu An Nahl.  Lebah merupakan binatang bertubuh kecil seukuran lalat yang ditakdirkan Allah menghasilkan madu dari saripati tanaman yang dimakannya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.  Bahkan selain madu, lebah juga menghasilkan berupa royal jelly, tepung sari (bee pollen) dan propolis lebah.

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surah An-Nahl ayat 69 :

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda kebesaran Tuhan bagi orang yang memikirkan.”

Lebah memiliki karakter mulia antara lain : hinggap di tempat yang bersih dan menyerap hanya yang bersih, mengeluarkan yang bersih dan bermanfaat, tidak merusak dan tidak pernah melukai kecuali kalau diganggu.

Kalau kita mau belajar dari lebah maka kita akan menjadi insan muttaqin, mulai cara mendapatkan harta yang bersih sampai membelanjakan kepada yang diridhai Allah. Di balik itu kita juga akan menjadi manusia yang selalu bersyukur atas nikmat Allah. Perhatikan firman Allah dalam Al Quran yang artinya :  “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.” (QS. Al-Baqarah : 172)

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.