Makmurkan Masjid dengan Safari Subuh Saat ini jumlah jamaah Safari Subuh tiap Minggu menc

Makmurkan Masjid dengan Safari Subuh Saat ini jumlah jamaah Safari Subuh tiap Minggu menc

Drs H. Zulkifli Hasan, MM

apai lebih dari 1.000 orang, namun jangan mengira di awal-awalnya seramai sekarang. Menurut salah seorang penggagasnya Drs H. Zulkifli Hasan, MM (61),  Safari Subuh Brotherhood Badminton Club (BBC) pertama kali dideklarasikan pada pertengahan Juni 2011,  di Masjid  Al Mukarramah Gp. Mulia, dengan jumlah jamaah hanya 14 orang terdiri dari anggota BBC dan jamaah setempat.

Boleh disebut yang  membidani dan menggagas Safari Subuh saat itu adalah trio H. Zulkifli Hasan (Koordinator), H. Safwan Yusuf (Pembina) dan Ust Fakhruddin Lahmuddin (Penasehat).  Tausiyah  perdana saat itu disampaikan oleh Ust Fakhruddin  tentang  Pentingnya  Shalat Lima Waktu Secara Berjamaah.

Dampak dari gerakan Safari Subuh dalam setahun saja memang luar biasa. Masjid-masjid dalam wilayah Kota Banda Aceh  dan sekitarnya yang sebelumnya sepi jamaah menjadi makmur. Tidak hanya itu,  kondisi fisik masjid semakin indah dan bersih.  Sajadah, sound system, toilet, tempat wudhuk semakin terurus, bahkan imam, muazzin semakin berkualitas serta tabungan amal meningkat. “Gerakan sholat subuh berjamaah, juga sudah berlangsung di berbagai Kabupaten/ Kota seperti Sigli, Lhokseumawe, Langsa, Meulaboh dan Sabang,” ujar mantan Kepala BPM Aceh dan Bappeda Aceh ini.

Pria kelahiran Indrapuri Aceh Besar 10 Maret 57 yang pernah menjabat Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Aceh (2008 – 2012) ini menambahkan, setelah enam tahun berjalan, kini Safari Subuh  BBC semakin ramai, apalagi selama dua tahun terakhir dirangkai dengan pemeriksaan kesehatan gratis kerjasama dengan Dinas Kesehatan. “Jamaah pun mendapat sarapan pagi gratis yang dananya mengalir sendiri dari dermawan terurama jamaah tetap,” paparnya. Beberapa lembaga lain mengikuti jejak Safari Subuh seperti DKMA Kota Banda Aceh dengan Subuh Keliling tiap Sabtu, Jumat Berkah, Raudhah dan lain-lain. Gerakan shalat berjamaah ini berdampak juga dengan semakin hidupnya pengajian Maghrib, Isya dan Subuh di masjid-masjid.

Dari upaya yang digagasnya, Zulkifli berharap ke depan pelaksanaan shalat lima waktu secara berjamaah meningkat baik di meunasah, mushalla maupun masjid-masjid.  Dengan demikian akan terjalin ukhuwah antar jamaah sehingga berbagai program sosial dan kemanusian dapat direncanakan termasuk kesehatan, ekonomi dan persoalan ummat lainnya. (baskar)

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.