KEBAIKAN DAN KEBURUKAN

KEBAIKAN DAN KEBURUKAN

GEMA JUMAT, 19 JANUARI 2018

Surat al-Maidah ayat 100

Katakanlah (Muhammad) “Tidaklah sama yang buruk dengan yang baik, meskipun banyaknya keburukan itu menarik hatimu maka bertaqwalah kepada Allah wahai orang-orang yang mempunyai akal sehat.

Ayat ini berkenaan dengan bagaimana seharusnya seseorang bersikap antara kebenaran dan keburukan. Allah menyatakan dengan tegas, bahwa kebaikan itu berbeda dengan keburukan berbanding seratus delapan puluh derajat. Allah juga menyatakan bahwa tidak dapat dipungkiri kejahatan atau keburukan itu membuat hati manusia cenderung untuk melakukannya, serta terdapat keburukan yang menyebabkan manusia dibutakan mata hatinya, sehingga berpaling terhadap prilaku jahat atau buruk itu dan lalai di dalamnya.

Ayat tersebut juga berarti bahwa banyak hal yang berbanding terbalik, seperti ketaatan dan kemaksiatan, kebenaran dan kedustaan, kekafiran dan keimanan, amal yang baik dengan amal jahat, yang haram denganyang halal, demikian juga penghuni syurga dengan penghuni neraka. Semua itu tidaklah sama. Golongannya berbeda sehingga mendapatkan hasil yang berbeda pula.  Namun demikian, Allah menegaskan kepada manusia untuk senantiasa bertaqwa kepada-Nya dalam kehidupan dunia ini, karena dengan ketaqwaan manusia dapat meraih kebaikan. Ketaqwaan jugalah yang menjadi benteng manusia agar terhindar dari keburukan, kemaksiatan, prilaku keji dan munkar, serta kemurkaan Allah swt.

Waktu terus berlalu, tahun berganti tahun, sedangkan kebaikan dan keburukan tetap datang dalam bentuknya yang beragam. Hanya manusia yang menggunakan akal pikiran sehat dan bersih serta jernih-lah yang dapat menganalisa yang mana hal-hal yang dianjurkan dalam agama, dan mana hal yang tidak diperbolehkan dalam agama. Karena Islam tidaklah semata-mata prilaku untuk mentaati dengan tanpa dasar, namun Islam adalah pencerahan intelektual, pendayagunaan akal sehat serta kemampuan untuk menjadikan prioritas dalam kehidupan di dunia dan di akhirat kelak. Insya Allah.

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.