Bencana karena Dosa

Bencana karena Dosa

GEMA JUMAT, 26 JANUARI 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

Tidaklah seorang mukmin tertimpa suatu musibah berupa rasa sakit (yang tidak kunjung sembuh), rasa capek, rasa sedih dan kekhawatiran yang menerpa melainkan dosa-dosanya akan diampuni(HR. Muslim no. 2573).

Fenomena alam seperti banjir, kekeringan, gunung meletus,gempa bumi, longsor, mewabahnya hama penyakit dan sebagainya seringkali dijadikan penyebab terjadinya musibah. Demikian pula ketika seseorang menderita sakit, maka yang disalahkan karena kurang olah  raga, salah obat, keracunan makanan  dan sebagainya. Walau memang sebab-sebab tadi bisa jadi benar sebagai penyebab, namun jarang ada yang merenungkan bahwa Allah menurunkan musibah atau bencana karena dosa atau maksiat yang kita perbuat. Boleh jadi selama ini, kita lupa mensyukuri nikmatNya, bahkan meninggalkan perintah-perintahNya.

Tsunami yang meluluhlantakkan Aceh di penghujung tahun 2004 masih saja membekas dalam benak kita terutama yang mengalami langsung peristiwa dahsyat tersebut. Orangpun tersadar bahwa Allah sedang menegur hambaNya dengan caranya sendiri. Boleh jadi manusia hanya sadar beberapa tahun setelah peristiwa tersebut, namun kemudian kembali berbuat tindakan salah tanpa merasa berdosa.

Akhir-akhir ini musibah kerap terjadi di bumi Indonesia. Apakah alam yang tidak bersahabat lagi dengan kita atau memang itu terjadi karena teguran Allah. Allah berfirman yang artinya : “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).(QS. Asy Syura: 30).

Musibah bisa datang kapan saja dan dimana saja tanpa diduga-duga. Gempa bumi yang melanda Banten dan sekitarnya belumlama ini, mungkin saja peringatan dan teguran Allah kepada kita semua, sehingga kita lebih mendekatkan diri kepadaNya. Kalau masih saja ingkar, maka Allah tidak segan-segan akan menimpa musibahyang lebih dahsyat lagi seperti sejarah kaum-kaum dahulu.

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.