Jaga Keluarga

Jaga Keluarga

Gema-H, 26 Januari 2018

Oleh Dr. Sri Suyanta
Wakil Dekan I Fakulitas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry

Melalui QS al-Tahrim 6 kita diingatkan oleh Allah tentang tuntunan menjaga keluarga dari neraka. Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.

Ikhtiar dan doa demi kebahagiaan keluarga sehingga terhindar dari penderitaan (siksa neraka) dunia dan akhirat, menjadi keniscasyaan bagi keluarga muslim. Doa dipanjadkan setiap saat mengiringi ikhtiar yang dilakukan. Di antara ikhtiar yang populis adalah dilakukan dengan saling asih asah dan asuh antar anggota keluarga, baik keluarga inti maupun keluarga besar sekalipun.

Asah, asih dan asuh terjalin berkelindan dengan intensitas silaturahim (hubungan kekerabatan internal keluarga) dan silaturahmi (hubungan kasih sayang secara umum).

Dengan silaturahim dan silaturahmi akan menyediakan ruang untuk saling ingat dan berwasiat pada ketakwaan antar anggota keluarga dan bahkan antar sesama muslim lainnya.

Oleh karenanya Allah mewanti-wanti agar kita menjalin dan memelihara silaturahim dan dilaturahmi di samping tuntutan bertakwa. Allah Swt berfirman, “Wahai sekalian manusia… dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. an-Nisa: 1)

Bila silaturahim ternoda, suami tidak akur pada isterinya, adik abang tidak bertegur sapa, maka menjadikan tidak betah di rumah, tidak mau ketemu dan tudak bisa shalat berjamaah.

Terganggunya silaturahim dan silaturahmi akan berpengaruh pada akvitas dan intensitas ibadah, sehingga berimbas pada kualitas ketakwaan seseorang.

Di samping itu, jalinan silaturahim menyediakan suasana kekeluargaan yang solid, tidak ada yang merasa terasing atau diasingkan.

Segala pernasalahan yang dihadapi oleh anggota keluarga dapat didiskusikan dan ditemukan solusi pemecahannya.

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.