Prajurit Harus Mahir Ilmu Kemiliteran

Prajurit Harus Mahir Ilmu Kemiliteran

Gema, 10 Februari 2018

Aceh Besar (Gema) – Untuk meningkatkan kemahiran serta profesionalisme prajurit, harus dilakukan dengan latihan. Inilah yang dilaksanakan oleh Satuan Kodim 0101/BS. Untuk meningkatkan kemahiran serta profesionalisme prajuritnya, dilaksanakan kegiatan latihan Uji Trampil Perorangan (UTP) umum di Daerah Latihan Gunung Putri Rindam IM, Desa Japakeh, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (09/02/2018)

Latihan UTP Umum berlangsung 7-9 Pebruari 2018, diikuti seluruh prajurit Kodim 0101/BS, yang ada di Koramil wilayah Kodim 0101/BS, tak terkecuali seluruh personil Babinsa (Bintara Pembina Desa).

Dalam pelaksanaan UTP Umum ini, diujikan 6 materi Ilmu Kemiliteran diantaranya, Tenhik Pertempuran (Nikpur), Ilmu Medan Peta dan Kompas (IMPK), Pengamanan dan Intelijen (Pam Intel), Pengetahuan Senjata Ringan (Pengjatri), Sikap Teritorial, dan 5 Kemampuan Teritorial.

Komandan Latihan (Danlat), Mayor Inf Nursasih mengatakan, seluruh personel diwajibkan ikut, tak terkecuali juga Babinsa, Walaupun peran Babinsa banyak melaksanakan tugasnya di Desa, tetapi sebagai seorang Prajurit tetap harus memiliki serta menguasai kemahiran dalam Ilmu Kemiliteran, seperti halnya Tehnik Pertempuran (Nikpur) yang diujikan pada giat Latihan UTP ini.

Walaupun peran dan fungsinya Prajurit Kodim 0101/BS banyak sebagai Babinsa, tetapi Skill Ilmu Kemiliterannya harus jago dan mahir juga dalam pertempuran, ujar Mayor Inf Nursasih.

Serma Muslim, Bintara Tinggi Operasi (Bati Ops) Kodim 0101/BS, yang juga sebagai penguji IMPK pada Giat Latihan UTP Umum Kodim 0101/BS juga menyampaikan, Bukan hanya pasukan Batalyon yg harus mempunyai kemahiran dalam Tehnik Pertempuran, tetapi setiap prajurit tak terkecuali Kodim, Prajuritnya juga harus bisa dan mahir dalam pertempuran, inilah tujuannya Latihan UTP ini dilaksanakan. (Sayed Husen/Rl)

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.