Ada Saja Jalannya

Ada Saja Jalannya

Gema, 16 Februari 2018

Oleh Dr. Sri Suyanta (Wakil Dekan I Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry)

Dalam meniti hidup dan kehidupan di dunia ini seringkali kita merasakan sesuatu atau menerima rezeki yang tak disangka-sangka, bahkan tak terpikirkan sebelumnya.

Di antara buktinya, ketika membuka dan membaca lagi hasil goresan pena dari buah pikiran kita, seperti catatan harian, muhasabah, artikel, buku, skripsi, tesis bahkan disertasi sekalipun, barangkali sebagian kita takjub bagaimana mungkin kata-kata itu bisa terangkai penuh makna, yang saat ini tak terbayang lagi untuk membuatnya apalagi yang semisalnya.

Saat menghadapi masalah demi masalah, bahkan yang rumit jelimet sekalipun, entah dari mana, lalu kita diberi kesanggupan untuk dapat menyelesaikannya dengan baik.

Sebagai orangtua atau pendidik, kita seringkali mendapat pertanyaan-pertanyaan nyleneh, unik bahkan sulit dari anak, anak murid, mahasiswa atau saat mengikuti ujian, tetapi ternyata dapat tersedia jawaban yang memuaskan atasnya.

Demikian juga saat berbicara, ide keluar begitu saja sehingga memuaskan pendengarnya.

Saat padat agenda kerja, ada saja wasilah yang memudahkan untuk dapat menuntaskan semuanya. Begitu juga saat di perjalanan, ternyata akan lancar-lancar saja tanpa hambatan, tidak terjebak macet dan seterusnya.

Rezeki itu sudah ada yang mengaturnya, seringkali datang dengan tak disangka sangka.

Dan ternyata jawabannya: Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.” Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu (Qs Al-Talaq 2-3)

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.