Kelebihan Hari Jum’at

Kelebihan Hari Jum’at

GEMA JUMAT, 23 FEBRUARI 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

“Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.” Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. (HR. Bukhari Muslim)

Allah telah mengkhususkan hari Jum’at ini hanya bagi kaum Muslimin dari seluruh kaum dari umat-umat terdahulu. Di dalamnya banyak rahasia, kelebihan dan keutamaan yang datangnya langsung dari Allah. Pada hari Jum’at berkumpul kaum Muslimin di masjid-masjid untuk mengikuti shalat berjamaah dua rakaat dan sebelumnya mendengarkan rukun dua khutbah Jum’at yang mengandung pengarahan dan pengajaran serta nasihat-nasihat, sehingga Ibnu Qayyim al-Jauziyyah menyebut hari Jum’at memiliki 33 keutamaan, bahkan Imam as-Suyuthi menyebut ada 1001 keistimewaan hari Jum’at.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan An-Nasa’i).

Kewajiban shalat Jum’at tertera dalam firmanNya yang artinya : “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (QS: Al-Jumu’ah: 9)

Maka, sudah sepantasnya seorang Muslim memanfaatkan hari yang mulia dan penuh barakah ini dengan melakukan ibadah-ibadah wajib maupun sunnah,  dan mengkonsentrasikan diri pada ibadah-ibadah tersebut sehingga dia dapat meraih pahala yang besar dan ganjaran yang setimpal di sisi Allah SWT.

 

 

 

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.