Prof Yusny Saby : Jangan Percaya Media Abal-Abal

Prof Yusny Saby : Jangan Percaya Media Abal-Abal

GEMA JUMAT, 16 MARET 2018

Banda Aceh (Gema)-Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh Prof Dr Yusny Saby, PhD mengatakan masyarakat jangan mudah percaya berita pada media online yang tidak terverifikasi Dewan Pers.

Hal itu dikatakan Yusny Saby saat memberikan “Peuneutoh” akhir pada acara Literasi Digital Sebagai Upaya Mencegah Paham Radikalisme di Masyarakat, Kamis (15/3/2018) di Hotel Mekkah, Banda Aceh.

Acara yang digagas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Aceh dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Yusny Saby merespons upaya keras Dewan Pers dalam menertibkan media-media online yang saat ini bertebaran dan banyak belum terverifikasi.

“Apa yang sedan dilakukan Dewan Pers dengan melakukan verifikasi portal berita perlu kita dukung,” ujarnya.

Ia menegaskan, apabila datang berita, tabayun lah cari informasi yang benar tentang berita itu. Jika itu tidak dilakukan maka akan merusak dan merugikan masyarakat.

“Jangan mudah tergoda dengan apa yang diberitakan oleh media yang sama sekali tidak terverfikasi oleh dewan pers,” pesan Yusny Saby.

Sebelumnya, Anggota Dewan Pers Bidang Hukum, Anthonius Jimmy Silalahi mengatakan, saat ini terdapat sebanyak  4.153 media yang telah terverfikasi.

Kegiatan literasi digital diikuti oleh 105 peserta dari unsur pers mahasiswa, komunitas, dan para blogger di Aceh.(Rel/marmus)

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.