Pentingnya Kaderisasi Imam

Pentingnya Kaderisasi Imam

GEMA JUMAT, 13 APRIL2018

Kata imam dalam bahasa Arab adalah pemimpin, pemuka. Sedangkan imam menurut istilah, adalah pemuka di dalam berbagai aspek kehidupan umat Islam. Sedangkan pengertian imam dalam konteks shalat atau imam shalat, adalah pimpinan dalam shalat jamaah, baik dalam kedudukannya yang tetap maupun dalam keadaan yang sementara, sang imam berdiri paling depan dari barisan jamaah shalat.

Menjadi imam itu punya tanggung jawab yang besar. Oleh karenanya, persyaratan Imam bukan hanya aqro’ (bagus dan benar bacaannya), tapi juga afqah paham benar tentang keagamaan. Dalam sejarah dalam peradaban Islam yang memotret bagaimana sosok imam masa lalu, menjadi acuan para imam kini dan esok. Bahkan, Imam tidak hanya sebagai pemimpin shalat, tapi imam masjid itu pemimpin umat, harus bisa menjadi teladan.

Untuk melahirkan seorang Imam yang bagus secara bacaan dan karakter pribadinya. Tentu membutuhkan pelatihan, baik pelatihan secara umum, ataupun secara khusus. Platihan dan kaderisasi imam dianggap sangatlah penting. Biasanya, dalam pola kaderisasi tradisional, pengurus mesjid memberikan kesempatan kepada peserta yang sudah dilatih untuk mempraktekkan ilmunya. Agar terlahirnya kader pelanjut imam berikutnya.

Kepada Pemerinta dan Organisasi Islam sudah menjadi tuntutan bersama untuk menajdwalkan pembinnan dan Pelatihan begi generasi muda. Serbab, pelatihan dan kaderisasi imam itu sangat  bermanfaat. Mengingat peran dan kedudukan demi umat.  Imam selalu berhadapan langsung dengan masyarakat dalam berbagai persoalan yang terkait pembinaan umat. Terlebih di tengah kemunculan berbagai fenomena masyarakat dan sosial yang marak saat sekarang ini. Tanggung jawab Imam imam dalam menangani berbagai isu agar dapat diselesaikan dengan baik. Marmus

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.