Kesiapan Masjid Menyambut Ramadhan

Kesiapan Masjid Menyambut Ramadhan

 

GEMA JUMAT, 4 MEI 2018

Setiap orang muslim pasti bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan ini. Karna di dalamnya Allah SWT sediakan banyak pahala, ampunan, dan keberkahan di dalamnya. Kegembiraan itu dibuktikan dengan persiapan yang baik menyambutnya. Untuk mengetahui bagaimana kesiapan Masjid di Banda Aceh. Simak reportase singkat Rayyan dan Adi, Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar Raniry yang sedang bertugas magang di Redaksi Gema Baiturrahman, Banda Aceh.

Masjid Agung Al-Makmur yang sering dikenal dengan Masjid Oman karena proses perancangan, pembangunan dan pendanaannya ditangani langsung oleh pemerintah Oman ini, berseberangan dengan Taman Ratu Safi atuddin di kota Banda Aceh. Kemegahan Masjid oman yang bernuansa timur tengah ini menjadi lebih sempurna dari tahun yang lalu. Dari segi fasilitas yang sudah memadai.

10 hari menjelang bulan suci Ramadhan, pengurus Masjid Oman telah melakukan persiapan memberi kenyamanan bagi jamaah dalam melaksanakan ibadah. Di antara persiapan tersebut seperti penambahan fasilitas, keamanan masjid, hingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama bulan suci Ramadhan. Saat dijumpai Gema Baiturrahman, 1 Mei 2018, Bendahara Masjid Oman Ustaz Bustamam Juned mengatakan, “ Untuk fasilitas, kita akan menambah tenda yang akan dipasang di sisi kiri kanan masjid selama Ramadhan. Tenda ini juga bisa berfungsi sebagai tempat berbuka puasa dan juga saat pelaksanaan ibadah tarawih jika di dalam sudah tidak memadai untuk menampung jamaah.”

Persiapan lainnya yakni merencanakan sistem keamanan sebaik mungkin yang mencakup ketertiban parker dan tidak mengganggu kendaraan lain. Selain itu, pengurus juga menambah petugas demi keamanan. “Untuk persiapan keamanan di masjid, kami menambah petugas, baik petugas dari parkir, keamanan. Saf-saf wanita, itu semuanya dalam susunan yang bagus, dan diharapkan juga pelaksanaanya juga,” ujar Bustamam Juned.

Untuk menghidupkan malam-malam Ramadhan, Masjid Oman pada tahun ini, akan menghadirkan imam dari Sudan Syeikh Hammam Tagelsir Abozaid Mustafa. Ia akan mengimami shalat isya sekaligus ibadah tarawih selama satu bulan penuh. Serta mengimami shalat malam atau qiyamul lail di akhir Ramadhan nanti. Selain itu, Syeikh Hammam Tagelsir Abozaid Mustafa juga di jadwalkan mengimami shalat subuh di beberapa masjid.

Dalam pelaksanaan buka puasa bersama di masjid juga menjadi rutinitas setiap tahunnya. Adapun persiapan konsumsi buka puasa bersama, dipersiapkan oleh panitia masjid dan juga sumbangan dari masyarakat untuk jamaah yang berbuka puasa di masjid.

Hal senada disampaikan ustaz Yusbi Abdullah, Imam Masjid Oman. Katanya,tadarus yangdilaksanakan di Masjid Oman tidak menggunakan pengeras suara. “Kebiasaan Masjid kita tidak ada tadarus, dalam arti kata tidak menghidupkan pengeras suara. Namun, orang yang bertadarus ada didalam masjid,” ujarnya.

“Yang jelas, masjid kita, sebagaimana seperti tahun yang lalu, memberi kesempatan seluas-seluasnya kepada jamaah yang ingin beri’tiqaf. Artinya disini, beliau semalam suntuk beribadah, baca Quran, berzikir, baca doa. Dan masjid kita komit, beberapa tahun, untuk tidak pernah menutup pintu masjid kita selama 24 jam,” sambungnya.

Kepala UPTD Mesjid Raya Baiturahman, Ustaz Nasruddin, saat ditanya mengenai kesiapan Masjid Raya menyambut Ramadhan, menjawab; Mesjid Raya sudah sangat siap, segala sesuatu sudah dipersiapkan. Yang paling utama menurutnya adalah kebersihan. Ia menjelaskan, bahwa telah menyiapkan petugas-petugas untuk menjaga kebersihan di lingkungan Masjid Raya saat pelaksaanaan shalat fardhu lima waktu, maupun shalat tarawih.

“Kita sudah menyiapkan petugas-petugas kita untuk menjaga kebersihan di Masjid Raya selama Ramadhan, karena mengingat intesitas orang akan melonjak seperti hari biasa,” katanya.

Tambahnya lagi, selama Ramadhan, masjid akan menyediakan 150 porsi kanji rumbi untuk sajian berbuka puasa di kompleks masjid yang diperuntukan untuk musafir dan pendatang yang mengunjungi masjid kebanggan masyarakat Aceh itu. Dan juga untuk keamanan selama pelaksanaan shalat fardhu dan tarawih selama Ramadhan, pihak UPTD Masjid Raya telah menyiagakan enam petugas keamanan dan ditambah dengan unsure dari Satpol PP nantinya.

Dalam pelaksanaaan salat tarawih, Mesjid Raya mengundang imam dari Mesir untuk pelaksanaan tarawih sebulan penuh. Begitu pula dengan kegiatan tadarus malam yang rencananya akan diundang dari IQRA (Ikatan Qari Qariah Aceh).

“Untuk pelaksanaan tarawih kita mengambil yang dua puluh rakaat ditambah tiga rakaat witir, InshaAllah

kita juga akan mendatangkan imam pelaksanaan tarawih dari Mesir, juga untuk kegiatan tadarus malam kita mengundang dari IQRA untuk mengaji di Masjid Raya,” paparnya.

Ia juga menyerukan kepada seluruh masyarakat Aceh, untuk menyambut Ramadhan dengan meramaikan seluruh masjid-masjid yang ada di lingkungannya. Terutama Masjid Raya Baiturahman yang mampu menampung 24 ribu jamaah. “Alangkah baiknya msyarakat meramaikan dengan kegiatasan ibadah shalat wajib dan sunah tarawih pada bulan suci Ramadhan,” lanjutnya. Tim

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.