Bustami Usman Pimpin PW IPHI Aceh

Bustami Usman Pimpin PW IPHI Aceh

GEMA JUMAT, 18 MEI 2018

Dr H. Bustami Usman, SH, MSi secara aklamasi terpilih sebagai Ketua Pengurus Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW-IPHI) Aceh periode 2018 – 2023 menggantikan Drs. H. Sulaiman Abda MSi yang habis masa bakti. Bustami didukung oleh 19 utusan Pengurus Daerah IPHI kabupaten/ kota dari 23 kab/ kota yang diundang dalam Musyawarah Wilayah VI PW-IPHI di Asrama Haji Banda Aceh, Minggu (13/5). Empat kabupaten/kota tidak hadir pada acara tersebut.

Dalam sambutannya, Bustami berharap dukungan semua pihak dalam pelaksanaan program IPHI ke depan. “Saya optimis, IPHI sebagai wadah organisasi haji mampu bersinergi dengan pemerintah dan pihak-pihak lain untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi,” ujar Bustami yang juga mantan Kepala Badan Dayah Aceh dan mantan Pj Walikota Langsa ini. Ia berjanji dalam waktu dekat bersama tim formatur akan menyusun kepengurusan lengkap serta program kerja.

Sementara mantan Ketua PW IPHI Aceh sebelumnya Drs H. Sulaiman Abda berharap pengurus IPHI yang akan terpilih mampu berkipah dan bekerja  ikhlas dalam lima tahun ke depan. Kekurangan dan kelemahan selama ini mampu diperbaiki dan ditindaklanjuti demi kemajuan IPHI ke depan. “Salah satu perjuangan IPHI kepada pemerintah pusat agar pengurus IPHI dapat dilibatkan sebagai pendamping haji dari unsur TPHD,” harapnya.

Bangun Kemitraan

Muswil VI tahun ini dirangkai dengan agenda Musyawarah Nasional XIV Regional se Sumatera dan Harlah IPHI ke-28 yang berlangsung 11 – 12 Mei di asrama Hajji Banda Aceh.  Dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) IPHI hadir Wakil Ketua Umum, H. Anshori, dan Sekretaris Umum, H. Samidan Nasir berserta rombongan.

Dalam arahannya Sekretarsi Umum PP-IPHI, H. Samidin Naser menjelaskan saat ini jumlah pendaftaran calhaj mencapai sudah 3,8 juta orang, sementara yang berangkat tahun ini sebanyak  221.000 jamaah, sehingga waiting list mencapai 17 tahun.

Disebutkan selama ini masalah pembinaan calon jamaah haji yang menunggu giliran berangkat belum terlaksana sebagaimana mestinya. Oleh karena itu Kemenag harus membangun kemitraan dengan ormas Islam seperti IPHI terutama dalam hal pembinaan calon jamaah haji.

Dalam acara penutupan dan Tasyakur Hari Kelahiran IPHI ke 28, IPHI Pusat turut menyerahkan “IPHI Award” kepada sejumlah Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah, Pemerintah Daerah dan pribadi atas dedikasi dan pengabdiannya kepada oragnisasi IPHI di Sumatera. (bas)

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.