Ramadhan Bulan Latihan

Ramadhan Bulan Latihan

GEMA JUMAT, 25 MEI 2018

Oleh: Sayed Muhammad Husen

Ramadhan bulan training (latihan). Frasa ini begitu populer dikalangan Pelajar Islam Indonesia (PII) Aceh tahun 1970-an dan 1980-an. Ketika itu, PII menyelenggarakan training kader hampir seluruh Aceh pada setiap Ramadhan. Target yang hendak dicapai: terwujudnya kader pemimpin ummat di semua sektor kehidupan. Selama sebulan pemuda dan remaja dilatih supaya terampil berorganisasi, memimpin dan  memiliki komitmen yang tinggi terhadap Islam.

Ramadhan sekarang ini lebih populer sebagai bulan latihan menghafal Al-Quran. Kita mendapatkan informasi, banyak lembaga, organisasi dan masjid menyelengarakan tahfiz Al-Quran. Kegiatannya berlangsung sepanjang Ramadhan, ada yang dua pekan dan ada juga yang berlangsung seminggu saja. Ramai-ramai anak muslim, remaja dan orang dewasa mengikuti program latihan menghafal wahyu Ilahi.

Kita juga menyaksikan berbagai komunitas melakukan aktivitas berbagi. Mereka menggalang sedekah lalu membagikannya dalam bentuk makanan, minuman dan pakaian kepada kaum papa. Banyak kelompok masyarakat mengadakan buka puasa bersama dan menyantuni anak yatim. Semua ini dapat kita artikan sebagai bentuk latihan bersedekah. Harapannya, setelah Ramadhan nanti mereka terbiasa berbagi dan peduli terhadap penderitaan yatim dan fakir miskin.

Selama Ramadhan masyarakat muslim melakukan shalat tarawih, tadarus Al-Quran dan menggiatkan shalat berjamaah. Dengan “latihan” shalat tarawih kita yakin akan tumbuh semangat mengerjakan shalat lail di luar Ramadhan nanti. Dengan tadarus akan membiasakan seseorang membaca Al-Quran terprogram dan berkelanjutan. Shalat berjamaah lima waktu akan dilakukan sepanjang hidup. Semua ini telah kita latih selama puasa Ramadhan.

Banyak latihan lain bisa kita lakukan sepanjang Ramadhan seperti melatih diri mengendalikan nafsu dan melejitkan rohani melalui puasa, baca Quran dan shalat lail. Setelah Ramadhan kita lanjutkan pula dengan puasa sunnah. Dengan itu, insya Allah, kita akan memperoleh derajat taqwa dan mendapatkan kekuatan dahsyat untuk melahirkan karya-karya besar dalam membangun peradaban Islam. Semua itu bisa kita capai dengan latihan intensif ibadah selama Ramadhan.

 

 

 

 

 

 

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.