Masjid Raya Baiturrahman Ramah Anak

Masjid Raya Baiturrahman Ramah Anak

GEMA JUMAT, 29 JUNI 2018

Selama ini setiap mesjid di desain bisa digunakan untuk semua kalangan, tapi sangat sedikit masjid yang memfasilitasi tempat bermain bagi anak-anak seperti taman bermain atau ruang edukasi untuk anak-anak usia dini.

Menurut pandangan islam, ibadah di masjid tidak hanya shalat lima waktu walau sebenarnya masjid tempat ummat muslim bersujud secara berjamaah, tapi masih banyak ibadah lain yg bisa dilakukan secara berjamaah, baik berjamaah secara umum seperti bersama teman-teman melakukan kajian Alquran dan sebagainya maupun secara kekeluargaan seperti mengajak anak-anaknya bermain ke halaman masjid sambil mendekatkan ruhnya terhadap masjid agar sudi kiranya ia diwaktu dewasa terbiasa dekat dengan masjid.

Selama ini Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh punya halaman yang luas yang dilengkapi dengan taman-taman serta kolam air mancur, juga ada taman membaca yaitu Pustaka Baiturrahman dan fasilitas edukasi yang selama ini berjalan lancar dan baik yaitu Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ Plus Baiturrahman) yang berdiri sejak tahun 1996.

Sudah sepatutnya ada fasilitas-fasilitas yang lebih menarik lagi dalam meningkatkan edukasi islami, dan kedekatan serta kecintaannya terhadap masjid. Pada zaman yang semakin maju seperti ini anak-anak sekarang banyak sekali di pengaruhi dengan kesenangan bersama gadged yang rawan sekali membawa kepada hal-hal yang negatif.

Untuk anak-anak dengan sifat yang suka mengeksplorasi berbagai macam rasa keingintahuannya bisa dibentuk bagian halaman masjid yang nyaman seperti taman-taman edukasi yang dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik perhatian anak, misalnya nama tanaman, edukasi sejarah singkat mesjid, peragaan doa-doa di tempat tertentu seperti gambar cara berwudhuk, dan simbol-simbol larangan yang harus ditaati di mesjid. Karena anak anak lebih suka melihat gambar daripada tulisan.(Anwar)

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.