Menjaga Ketertiban Masjid Raya

Menjaga Ketertiban Masjid Raya

GEMA JUMAT, 29 JUNI 2018

Masjid Raya Baiturrahman merupakan ikon Aceh. Rasanya tidak sah bila seseorang yang datang ke Banda Aceh belum berfoto dengan latar belakang masjid ini. Meskipun tidak tertulis, Masjid Raya sudah menjadi indikator segala hal bagi seluruh masjid di Aceh, baik itu mencakup manajemen pengelolaan masjid, kedisiplinan jemaah menjaga ketertiban, pelayanan masjid yang memuaskan, dan sebagainya.

Dewasa ini Masjid Raya mengalami perubahan yang signifikan. Masjid Raya semakin indah dan nyaman bagi jemaah masjid. Beberapa di antaranya karena pembangunan 12 payung raksasa dan lantai marmer, penyedian tempat wudu dan parkir di basement, dan peningkatan layanan kebersihan menggunakan mobil pembersih canggih.

Keindahan Masjid Raya menarik perhatian setiap pengunjung. Hampir seluruh pengunjung yang datang ke Masjid Raya mengabadikan momen yang menyenangkan ketika tiba di Masjid Raya.

Segala fasilitas di Masjid Raya bertujuan untuk mempermudah dan menambah kenyamanan masjid demi para jemaah. Sebagai jemaah Masjid Raya tentunya kita harus menjaga fasilitas yang tersedia sebaik mungkin. Caranya dengan mematuhi segala peraturan yang telah diatur. Sejumlah aturan di kawasan Masjid Raya seperti tidak berjualan makan dan minum, memakai busana sopan, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merokok, memarkirkan kenderaan secara tertib, dan lainnya.

Aturan-aturan di Masjid Raya seyogianya dipatuhi jemaah supaya ketertiban masjid senantiasa terjaga. Sebagai seorang muslim yang baik, kita tahu bahwa ketertiban itu bagian dari ajaran Islam. Terlebih lagi menjaga ketertiban masjid yang selama ini kita manfaatkan untuk melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, terutama salat, zikir, dan pengajian rutin.

Jemaah Masjid Raya dapat menjaga ketertiban sebagai bagian dari mempromosikan masjid ke mancanegara. Apalagi tidak sedikit turis lokal dan mancanegara mengunjungi Masjid Raya. Kita harus mampu menunjukkan bahwa Masjid Raya sebagai ikonnya orang Aceh yang taat beragama.

Kita patut mengapresiasi Pengurus Masjid Raya yang selama ini telah berusaha semaksimal mungkin meningkatkan pelayanan masjid. Tentu saja kita juga berharap agar Pengurus Masjid senantiasa memperbaiki pelayanan masjid. Salah satunya adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khadam masjid. Bila hal itu dilakukan maka insha Allah pelayanan Masjid Raya semakin baik lagi. Zulfurqan

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.