Setelah Idul Adha

Setelah Idul Adha

GEMA JUMAT, 24 AGUSTUS 2018

Oleh: Muhammad Husen

Empat ibadah khusus bulan Zulhijjah yang tidak terdapat pada bulan lain: ibadah haji, puasa Arafah, shalat Idul Adha dan qurban. Tgk H Syukri Daud, mengatakan, ibadah-ibadah sunnah tersebut mengantarkan seorang muslim senantiasa taqwa dalam dimensi  individual dan sosial. “Marilah kita jaga persatuan ummat Islam,” harap Syukri, usai menjadi khatib Idul Adha di Masjid Asy-Syuhada Lampanah Indrapuri (22/08/2018).

Setelah Idul Ada dan empat ibadah tersebut kita kerjakan, apa saja yang mestinya kita lestarikan dalam kehidupan sehari-hari? Pertama, dari ajaran ibadah haji, hendaknya bagi yang memiliki kemampuan tidak menunda-nunda mendaftar haji, apalagi daftar tunggu masih mencapai 20 tahun. Haji haji adalah ibadah wajib yang tak boleh ditinggalkan. Spririt lain ibadah haji, hendaknya setiap muslim berperan mengkampanyekan persatuan ummat dan memperkecil  khilafiah.

Kedua, setelah kita melakukan puasa sunnah Arafah, maka berikutnya adalah melaksakan ibadah puasa sunnah lainnya sepanjang tahun dan merawat pahala yang kita peroleh dari Allah Swt. Dengan demikian, seorang muslim senantiasa dekat dengan Allah Swt dan peduli terhadap saudara-saudara seiman yang kurang beruntung, yang sehari-hari kurang makanan dan minuman yang sehat.

Ketiga, shalat sunnah Idul Adha mengajarkan kita persatuan dan kebesaran ummat. Ummat berkumpul di masjid dan lapangan-lapangan membesarkan nama Allah Swt. Sekaligus menunjukkan eksesistensi ummat di mata dunia. Selanjutnya tugas kita adalah melestarikan semangat persatuan dan menjaga martabat ummat dari rongrongan atau pencitraan negatif musuh-musuh Islam.

Keempat, setelah kita melakukan ibadah qurban, maka kita dan umamat Islam tak boleh berhenti berqurban sepanjang tahun dalam bentuk yang lebih universal. Kita harus terus melakukan aktualisasi semangat qurban dan berbagai bentuk pengorbanan harta,waktu, bahkan jiwa demi ketinggian Islam dan ummat Islam. Semangat qurban adalah berbagi dan peduli sepanjang hayat.

Semoga Allah Swt memberikan hidayah dan kekuatan kepada kita semua, sehingga mampu melanjutkan empat ibadah sunnah khusus di masa-masa akan datang. Terutama melestarikan semangat berbagi dan persatuan ummat.

 

 

 

 

 

 

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.