Jasa Radio Rimba Raya untuk Kemerdekaan RI

Jasa Radio Rimba Raya untuk Kemerdekaan RI

GEMA JUMAT, 14 SEPTEMBER 2018

Banda Aceh (Gema)

”Dari Sini Indonesia Masih Ada dan Terus Ada“. Itulah tagline/ tema peringatan Hari Jadi RRI ke 73 tanggal 12 September 2018.  Kepala RRI Banda Aceh Drs. Adi Pramono, MSi menjelaskan, tema tersebut diangkat untuk meluruskan dan mengingatkan kembali lembaran sejarah Indonesia yang kini telah mulai terlupakan yaitu peran dan jasa Radio Rimba Raya yang ada di Kabupaten Bener Meriah.  “Radio Rimba Raya adalah bagian dari sejarah perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia saat terjadi agresi militer II Belanda pada tahun 1947,” sebut Adi.

Dijelaskan, pada saat Belanda melalui propagandanya menyatakan Indonesia telah bubar, Radio Rimba Raya yang beroperasi di kawasan dataran tinggi Gayo itu dengan tegas meneriakkan bahwa Indonesia masih ada, yang disiarkan dalam 5 bahasa asing dan turut dipancarluaskan oleh radio-radio di kawasan Asia termasuk India.

Mengutip pernyataan  Direktur Utama LPP RRI M. Rohanuddin, di masa kekinian, RRI terus melakukan upaya untuk memposisikan diri sebagai Media Publik milik bangsa yang independen, netral dan mandiri. Berbagai terobosan telah dilakukan, termasuk konfergensi media, tidak hanya sebagai media audio, namun telah mengembangkan menjadi media visual melalui RRIPLAY dan RRINET. Pada sisi konten siaran, RRI tetap mempertahanakan diri sebagai media penyampai Informasi, pendidikan dan media hiburan yang sehat, melalui programa 1,2, 3 dan programa 4.

Upacara Bendera memperingati Hari Radio ke 73 tahun 2018 dilaksanakan di halaman depan RRI Banda Aceh, bertindak sebagai pembina Upacara kepala RRI Banda Aceh Drs. Adi Pramono, M, Si, diikuti seluruh angkasawan dan angkasawati, dirangkai dengan penyerahan penghargaan Satya Lencana 30 tahun dan 20 tahun untuk 10 angkasawan.

Pada hari yang sama, tepat pukul 11.00 WIB dilanjutkan dengan prosesi penyulutan Obor Tri Prasetya RRI dipusatkan di Auditorium, dihadiri sejumlah Kepala SKPA dan SKPK serta pejabat Instansi vertikal lainnya. Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi RRI ke 73 untuk Tingkat RRI Banda Aceh, telah dilaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya kegiatan bakti berupa Donor darah yang terkumpul 54 kantong darah, anjang sana ke panti asuhan serta aneka lomba untuk kalangan angkasawan dan angkasawati. bas

 

 

 

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.