Hari ‘Asyura

Hari ‘Asyura

Gema Jumat 21 September 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

“Dan puasa pada hari Arafah –aku mengharap dari Allah- menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. Dan puasa pada hari ‘Asyura–aku mengharap dari Allah menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu.”  (HR. Muslim, Abu Dawud, Ahmad, Baihaqi dan lain-lain)

Hari ‘Asyura atau 10 Muharram merupakan hari bersejarah, karena terjadi berbagai peristiwa penting pada masa lalu seperti Nabi Adam bertaubat kepada Allah dan dipertemukan dengan Siti Hawa, Nabi Idris diangkat oleh Allah ke langit, Nabi Nuh diselamatkan Allah keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama enam bulan, Nabi Ibrahim diselamatkan Allah dari pembakaran Raja Namrud, Hari pertama Allah menciptakan alam, Allah menjadikan ‘Arsy, Allah menjadikan Luh Mahfuz dan lain-lain.

Sayyidah Aisyah, istri Rasulullah SAW menyatakan bahwa hari Asyura adalah hari orang-orang Quraisy berpuasa di masa Jahiliyah. Meskipun Asyura merupkan hari bersejarah dan diagungkan, namun ummat melarang berbuat bid’ah di dalamnya.

Adapun yang dituntunkan syariat kepada kita pada hari itu hanyalah berpuasa, dengan dijaga agar jangan sampai tasyabbuh dengan orang Yahudi. Rasulullah pernah bersabda : “Puasalah kalian hari ‘Asyura dan selisihilah orang-orang Yahudi padanya (maka) puasalah sehari sebelumnya dan sehari setelahnya.”  (HR. Ahmad dan Al Baihaqi).  Ibnu Hajar di dalam Fathul Baari juga mengisyaratkan keutamaan cara ini. Dan termasuk yang memilih pendapat puasa tiga hari tersebut (9, 10 dan 11 Muharram) adalah Asy-Syaukani dalam Nailul Authar dan Syaikh Muhamad Yusuf Al-Banury dalam Ma’arifus Sunan.

Di dalam Kitab Hadits Riyadhus Shalihin, Imam An-Nawawi  r.a membawakan beberapa hadits berkenaan dengan puasa sunnah pada bulan Muharram, yaitu puasa hari ‘asyura (10 Muharram) dan tasu’a (9 Muharram), yaitu:  Dari Ibnu Abbas, “Bahwa Rasulullah SAW berpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan untuk berpuasa padanya.” (Muttafaqun ‘Alaihi).

 

comments

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.