Aceh Mampu Maju

GEMA JUMAT, 1 FEBRUARI 2019


Kepala Ombudsman Perwakilan Aceh Taqwadin mempertanyakan, mengapa Aceh masih belum maju dan sejahtera. Padahal, Aceh adalah satu-satunya daerah yang istimewa dan khusus.

Pertanyaan Taqwaddin itu sebenarnya sudah menjadi pertanyaan sebagian rakyat Aceh yang resah melihat kondisi daerahnya. Dalam berbagai survei, Aceh menjadi langganan peringkat nomor buncit, baik survei ekonomi, hoaks, dan pendidikan.

Secara umum, keistimewaan dan kekhususan Aceh yang diberikan Pemerintah Pusat memberikan peluang agar Aceh bisa bangkit, maju, dan sejahtera. Dalam Undang-Undang Pemerintah Aceh (UUPA) banyak pasal yang apabila diimplementasikan memberikan pengaruh penting bagi Aceh.

Aceh membutuhkan gebrakan-gebrakan agar para elite politik betul-betul memikirkan kemajuan Aceh. Sampai saat ini, kita masih bertanya-tanya mau dibawa kemana Aceh. Apa rencana besar para pemimpin Aceh? Apakah mereka cukup kompak dan padu mewujudkan visi dan misi keacehan.

Kita tentu merasa malu terhadap daerah lain yang tidak memiliki keistimewaan dan kekhususan seperti Aceh. Namun demikian, daerah tersebut lebih maju dan sejahtera. Dari segi ekonomi, ranking Aceh belum baik. Di tingkat Sumetera, Aceh termiskin.

Aceh sebenarnya memiliki beragam potensi yang bisa dimanfaatkan demi kemajuan ekonomi. Sebut saja di sektor pariwisata, Aceh seharusnya mampu menjadi model wisata halal. Selain karena Aceh mayoritas muslim, Aceh memiliki keindahan alam yang luar biasa. Untuk itu, kita membutuhkan strategi pengelolaan dan promosi wisata secara modern. Kita bisa gandeng anak-anak muda kreatif untuk mempromosikan wisata dengan cara mereka sendiri.

Kemudian, dari sektor pertanian, Aceh memiliki lahan sawah yang luas. Hasil produksi persawahan sangat berkualitas. Beras Aceh dapat menggunakan brand sendiri. Artinya, masyarakat Aceh dapat mengonsumsi beras lokal, bahkan dijual ke luar daerah dengan brand sendiri.

Sekarang, yang kita butuhkan adalah komitmen seluruh aspek masyarakat dan pemerintah, bersinergi memanfaatkan keistimewaan dan kekhususan Aceh semaksimal mungkin. Kita harus yakin bahwa sebenarnya kita mampu maju kalau semuanya mau berbuat demi kebaikan Aceh.

Saatnya kita buang ego sektoral dan kepentingan pribadi, demi Aceh maju. Kita mampu melakukannya.   

Cek, bantu buat shaf —–

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!