Berbagi di Bulan Ramadhan

GEMA JUMAT, 3 MEI 2019

Ramadhan selalu dinanti orang-orang yang merasa hatinya terpaut beribadah kepada Allah. Allah membuka lebar peluang ampunan, waktu mustajab doa, dan pahala berlipat ganda bagi yang melakukan amal kebaikan. Bahkan, bagi mereka yang membaca Alquran, satu huruf bacaannya dihitung sama dengan sepuluh kebaikan.

Namun, saat Ramadhan tiba, terkadang harga-harga barang kebutuhan pokok di pasar menanjak tinggi. Karena itu, ada di antara kita sulit merasakan nikmat puasa secara maksimal. Dengan demikian, sudah saatnya kita menyiapkan donasi bagi mereka yang membutuhkan.

Mungkin di antara kita tidak bisa menyerahkan donasi secara langsung kepada mereka yang membutuhkan, maka dapat memanfaatkan lembaga filantropi. Kita bisa ikut berpartisipasi dalam program kemanusiaan di lembaga tersebut, sehingga berbagi menjadi lebih mudah dilaksanakan.

Ramadhan adalah bulannya saling berbagi. Lihatlah orang-orang di sekeliling kita, apakah mereka bisa menikmati berbuka puasa dengan makanan yang layak. Apakah mereka mampu membeli baju baru menjelang Hari Raya Idul Fitri? Hal-hal seperti itu, tentu, harus menjadi perhatian kita bersama.

Dalam hadis yang diriwayatkan Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad, Rasulullah saw mengatakan, “Siapa memberi makan (berbuka) yang berpuasa, maka  baginya pahala seperti orang berpuasa tersebut, tanpa  mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.”  Hadis tersebut seharusnya menjadi salah satu amunisi penyemangat bagi kita untuk berbagi.

Bersedekah atau berbagi di bulan Ramadhan mendatangkan pahala berlipat. Sebagai muslim kita dianjurkan memiliki sifat kedermawanan. Pelit bukanlah cerminan sosok muslim sejati. Saling membantu sesama untuk bangkit dari keterpurukan itulah semangat persatuan muslim yang perlu dipupuk sedini mungkin.

Ramadhan tentu saja datang sekali setahun. Bila nantinya kita bertemu Ramadhan, mari kita manfaatkan momentum ini sebaik mungkin. Karena belum tentu di tahun berikutnya kita bisa bertemu dengan bulan yang selalu dirindukan ini.

Jadi, sambutlah Ramadhan dengan semangat kedermawanan. Sebab kedermawanan, berbagi dan sedekah adalah karakter seorang muttaqin, yang shalih secara individual dan sosial. Muslim sempurna.  

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!