Hijrah dan Revolusi Sosial

GEMA JUMAT, 14 SEPTEMBER 2018

Hijrah Rasulullah SAW dan kaum muslimin ini bukan tanpa alasan. Ada berbagai faktor yang menjadi pemicu untuk melakukan hijrah. Pertama, karena adanya siksaan dan tekanan dari kaum kafir Quraisy. Begitu Rasulullah SAW berdakwah secara terbuka,

Berbagai ancaman mulai diarahkan kepada Rasulullah dan orang-orang beriman.Oleh karena itu, Rasulullah senantiasa berpikir untuk mencari perlindungan di luar Makkah. Sehingga terjadilah hijrah kaum muslimin ke Habsyah, Thaif, dan kemudian ke Madinah. Penyebab kedua hijrah adalah karena makin berat dan parah penyiksaan dan penindasan kaum kafir Quraisy atas kaum muslimin.

Hijrah adalah sebuah kisah spektakuler yang menentukan suatu kesadaran para pengikut Rasulullah. Ia menjadi kekuatan pendorong untuk merubah tatanan sosial berlandaskan konsistensi dan konsekwensi aqidah yang dipegang oleh para kaum muhajirin.

Hijrah lebih cendrung dikatakan sebagai aksi “nekat” yang hanya turut dan patuh mutlak pada perintah Rasulullah saw. Padang pasir nan gersang, bukit bebatuan nan terjal, iklim yang panas ketika siang dan dingin menjelang malam, sepanjang jalan dari Mekkah ke Madinah dengan hanya berkendaraan onta, bahkan sebagiannya hanya berjalan kaki, menjadi resiko dan ancaman yang hanya dilirik sebelah mata.

Hijrah bukanlah sekedar aksi kosong yang sarat akan manipulasi politik. Bukan pula sebuah mobilisasi massa yang hanya ingin mentargetkan kepemimpinan sosial dan kekuasaan belaka. Bukan pula sebuah aksi pengecut yang bermakna lari dari kenyataan tekanan dan embargo para petinggi kaum quraisy. Ia bukanlah sebuah akibat yang hanya terdiri dari suatu sebab. Bukan, sekali lagi bukan.

Hijrah merupakan entri point revolusi total kehidupan sosial yang dimulai dari cara pandang yang hanya tertumpu pada keyakinan total dan kesetiaannya pada hukum kebenaran Tuhan. Masyarakat pagan yang menumbuh-suburkan kehidupan sosial yang korup, dzalim dan anarkis telah mematikan cara berpikir benar dan adil.

 


comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!