Jiwa Kepahlawanan

GEMA JUMAT, 16 NOVEMBER 2018

Dalam kamus bahasa Indonesia kata pahlawan berarti orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. Bersandarkan dari makna tersebut maka semua orang bisa menjadi pahlawan selama dia berpegang teguh pada kebenaran.

Kita memahami kalau pahlawan dulu berjuang dengan mengangkat senjata melawan penjajah. Sekarang kondisinya sudah berubah. Untuk menjadi pahlawan maka seseorang harus memiliki sifat teladan seperti jujur, antikorupsi, cerdas, menjunjung tinggi persatuan, serta saling membantu demi kemajuan bersama.

Semangat juang seorang pahlawan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak-anak agar kelak mereka menjadi pribadi yang tangguh. Masyarakat Aceh dulu melantunkan syair-syair semangat perjuangan saat menidurkan anaknya di ayunan. Pesan-pesan tersebut kemudian melekat kepada diri si anak hingga tumbuh dewasa. Namun nampaknya tradisi tersebut mulai memudar.

Islam mengajarkan umatnya untuk selalu berbuat kebaikan. Manusia berkualitas adalah yang bermanfaat kepada manusia lainnya. Manfaat tersebut dapat disemai salah satunya dengan tidak saling menyakiti, memfitnah, mencaci maki, toleransi, serta bergotong royong. Kita harus sama-sama meningkatkan persatuan meskipun ada perbedaan.

Dengan adanya persatuan Aceh bisa mewujudkan kemandirian ekonomi, memajukan pendidikan, mengurangi pengangguran, dan sebagainya. Untuk mewujudkannya maka kita harus menyingkirkan sifat egois dan rasa ingin menang sendiri, dan mementingkan kelompok sendiri.

Bersatu adalah kewajiban bagi seluruh masyarakat Aceh. Sekarang bukan lagi saatnya saling menyalahkan, melainkan bergerak bersama. Kita mulai dari hal terkecil seperti saling membantu sesama tetangga. Apalagi kita adalah muslim, diibaratkan seperti kesatuan anggota tubuh. Di saat salah satu anggota tubuh menderita, anggota tubuhnya turut merasakannya.

Jangan sampai perpecahan terjadi karena para pahlawan kita telah memerjuangkan kemerdekaan. Para pahlawan terdahulu rela mengorbankan nyawanya sehingga kita sekarang bebas dari perbudakan. Sejarah kepahlawan mereka perlu diajarkan kepada generasi sekarang agar mereka merasa bersyukur masih bisa menginjak bumi sebagai pribadi bebas.

Agar jasa-jasa dan semangat para pahlawan Aceh ini tidak memudar, sebagai daerah khusus, Aceh perlu memuat pelajaran pendidikan sejarah dan kebudayaan Aceh. Sejarah dan kebudayaan Aceh adalah identitas. Siapa berani menjamin identitas itu tidak akan hilang? Zulfurqan

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!