Kebudayaan Islam Tersebar ke Asia dan Eropa

 GEMA JUMAT, 20 JULI 2018

 

Disebabkan kurangnya pengetahuan tentang sejarah kebudayaan Islam, seni Islam dan estetika Islam, banyak orang berpraduga bahwa dalam sejarah seni Islam apa yang disebut seni atau lukisan figuratif tidak hadir. Padahal seni atau lukisan figuratif sudah hadir sejak zaman abad ke 14 di masa kekhalifahan Islam.

“Contoh sekaligus bukti itu ada pada lukisan figuratif sosok Bilal sebagai  muazzin pertama dalam sejarah agama Islam, lukisan miniatur Persia abad ke-14 M. Ilustrasi ini dalam sebuah naskah kitab sejarah,” kata Abdul Hadi WM.

Abdul Hadi yang juga doktor yang menulis disertasi tentang sufi dan Hamzah Fansuri serta pelompor puisi Islami di Indonesia  bagi mereka yang sudi membaca buku sejarah seni atau sejarah kebudayaan Islam, keadaan yang terjadi akan sebaliknya. Kehadiran seni figuratif dalam Islam adalah satu hal yang nyata.

“Kitab-kitab atau naskah lama kitab-kitab sejarah dan budaya Islam — dalam bahasa Arab, Persia, Turki Usmani dan lainnya — banyak yang memuat lukisan miniatur,’’ tegasnya.

Pada sisi yang lain, lanjut Abdul Hadi, seni yang dihasilkan pada masa kekalifahan pada abad pertengahan juga mengandung nilai serta cita rasa yang universial. Ini  terlihat dengan berbagai bukti. Misalnya, adana motif ‘Pohon Hayat’ pada sebuah karpet dari Qum, Iran,  juga ada di beberapa wilayah belahan dunia lain.

“Pohon hayati di Jawa disebut Kayon atau Gunungan. Dalam bahasa Arab disebut Sajaratul Hayat. Dalam bahasa Inggris disebut Tree of Life. Simbol pohon kehidupan ini universal. Terdapat di Asia dan Eropa,’’ katanya.

Karena itu, dalam rangka PKA 7 patut juga digali dan ditulis kembali jejak kebudayaan Islam dalam sejarah kerajaan Aceh tempo dulu, sehingga menjadi bagian dari kajian sejarah kebudayaan Islam yang diajarkan di sekolah, madrasah dan perguruan tinggi.

Kajian tentang kebudayaan Islam di Aceh patut kiranya diperkaya dengan literatur sejarah dan kebudayaan Aceh yang diyakini bersumber dari syariat Islam. Kebudayaan Aceh adalah bagian dari kebudayaan Islam. SMH/Rep

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!