Kecipratan Rezeki PKA

GEMA JUMAT, 10 AGUSTUS 2018

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-7 hingga saat ini berlangsung dengan meriah. Ribuan masyarakat berbondong-bondong mendatangi area pelaksanaan PKA. Pada tahun ini kegiatan PKA dilaksanakan di beberapa tempat seperti Stadion Lhong Raya, Blang Padang, Museum Aceh, Taman Sulthanah Safiatuddin, dan di sejumlah tempat lainnya. Keramaian itu mulai tampak sejak pembukaannya yang dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof Dr Muhadjir Effendy.

Perhelatan PKA menarik perhatian masyarakat Aceh menyaksikannya. Mereka dari berbagai wilayah sengaja dating ke Aceh untuk menyaksikan beragam kebudayaan khas 23 kabupaten/kota di Aceh. Keramaian tersebut sendiri membawa berkah kepada para pedagang. Setiap pelaksanaan PKA merupakan peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Lihat saja beragam jenis barang-barang yang dijual begitu laris manis. Begitu juga dengan arena permainan yang juga dipadati para pengunjung.

Sebagai masyarakat, di momen seperti ini harus mampu melihat potensi bisnis. Salah satu cara agar sukses berbisnis di saat seperti itu adalah dengan menjual sesuatu yang unik atau dibutuhkan. Misalnya berbisnis makanan ringan yang kalau dimakan mengeluarkan asap dari mulut ketika dimakan. Bisa juga menjual kaus lengkap dengan jasa menuliskna nama pembelinya di belakang kaus.

Peluang-peluang bisnis seperti itu patutnya disadari oleh kaum muda. Setidaknya, di momen seperti itu mereka memiliki niat mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhannya selama sebulan. Para pemuda patutnya melihat bisnis sebagai sebuah peluang kerja yang menjanjikan untuk kehidupannya di masa mendatang. Sekarang bukan lagi saatnya menunggu pemerintah membuka lapangan kerja yang kuotanya sangat terbatas.

Berkaca dari Nabi Muhammad yang merupakan seorang pedagang sukses, sepatutnya cukup bagi kita menjadikannya teladan. Kita sebenarnya juga paham bahwa Allah membukakan pintu rezeki bagi mereka yang berdagang atau berbisnis. Zulfurqan

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!