Konsumsi yang Halal Saja

GEMA JUMAT, 18 JANUARI 2019

Makanan halal dalam pandangan Islam adalah makanan yang diperoleh dengan cara benar serta tidak mengandung unsur haram. Dalam Surat Al-Maidah ayat 88 Allah berfirman,” Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang telah Allah rezekikan kepadamu dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepadaNya.” 

Alasan Allah melarang memakan makanan maupun menggunakan benda haram karena memiliki konsekuensi yang tidak baik bagi kesehatan dan jiwa. Orang yang mengonsumsi benda haram maka amalan, doa, sedekah, salat, dan hajinya tidak diterima Allah. Sedangkan hatinya menjadi keras dan imannya terkikis.

Muslim diperintahkan untuk menjauhkan diri dari perbuatan haram dalam mencari rezeki. Mengurangi timbangan saat berjualan, korupsi, menjual minuman dan togel, hidup dalam riba, merupakan sebagian contoh dari pekerjaan yang hasil uangnya haram digunakan. Alangkah baiknya kita memperoleh sesuatu yang halal karena mengandung keberkahan.

Selain itu, makanan atau minuman haram bisa mengakibatkan rusaknya kesehatan seperti minuman keras dan daging babi. Minuman keras dapat menghilangkan kewarasan manusia, bahkan memicu seseorang melakukan tindakan kriminal lainnya. Jangan pernah menilai bahwa meminum minuman keras dosanya lebih ringan dari pelanggaran syariat lainnya.

Khususnya di konteks Aceh mungkin kita semua makanan dan minuman yang kita konsumsi halal. Pandangan seperti ini diakibatkan pemahaman masyarakat asal penjualnya muslim pasti semuanya halal. Sayangnya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Buktinya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh masih menemukan sejumlah kasus makanan maupun obat-obatan yang mengandung unsur haram.

Oleh karenanya, perlu sekali bagi pemerintah melalui dinas terkait memberikan pemahaman yang utuh kepada masyarakat tentang makanan halal. Jangan-jangan selama ini hampir seluruh makanan yang kita konsumsi mengandung unsur haram, meskipun hanya sedikit tetapi tetap memberikan dampak.

Hadirnya Qanun Aceh Nomor 8 Tahun 2016 tentang Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH) kita harapkan seluruh produk makanan, minuman, kosmetik, dan lainnya halal dikonsumsi atau digunakan. Bahkan, sangat penting juga mencamtumkan apakah suatu produk baik digunakan atau tidak. Sebab, kehalalan sebuah produk seyogianya disertai kebaikan produk tersebut untuk digunakan. Zulfurqan

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!