Masyarakat Mendukung LKS

GEMA JUMAT, 23 NOVEMBER 2018

Rancangan Qanun Lembaga Keuangan Syariah (Raqan LKS) direncanakan disahkan tahun 2018 menjadi qanun. Qanun ini nantinya akan mengatur agar seluruh lembaga keuangan di Aceh berprinsip syariah. Dalam tempo tiga tahun lembaga keuangan konvensional diharapkan menyesuaikan diri dengan lahirnya qanun ini.

Sebagai daerah bersyariat Aceh sudah sepantasnya menerapkan keuangan ini agar terhindari dari riba. Dalam Alquran surat Al-Baqarah ayat 275 Allah menyebutkan tentang larangan riba dan memperbanyak sedekah. Orang yang memakan hasil riba tempatnya adalah neraka. Makanan hasil riba tidak berkah. Sedangkan dalam Islam kita diajarkan memakan makanan halal lagi berkah. Pemakan riba hatinya akan sulit membedakan antara yang benar dan salah.

Dengan lahirnya Qanun LKS merupakan momen bagi masyarakat berintrospeksi apakah selama ini hidup dari riba atau tidak. Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Bukankah Allah itu Maha Pengampun.

Perlu disadari bahwa Qanun LKS harus didukung oleh sinergisitas antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah bertanggung jawab mengedukasi masyarakat tentang LKS. Masyarakat pun diharapan mengikuti ajakan pemerintah beralih ke sistem keuangan syariah. Sampai sekarang di Aceh baru sekitar 15 persen terjadinya transaksi keuangan sesuai sistem syariah.

Tingkat pemahaman masyarakat terhadap dampak buruk lembaga keuangan bersistem “ribawi” akan mendorong mereka beralih kepada LKS. Kalau seluruh masyarakat beralih ke LKS, kalau tidak mau bangkrut maka lembaga keuangan konvensional beralih ke sistem syariah, paling tidak berprinsip syariah.

Di sisi lain, Qanun LKS tidak akan berjalan maksimal tanpa adanya sumber daya manusia yang mampu “mengoperasikannya”. Karenanya, edukasi LKS harus dilaksanakan kepada lembaga keuangan terkait. Bahkan lebih baik lagi sudah mulai dipersiapkan meskipun belum disahkan Raqan LKS menjadi qanun. Dalam sebuah pepatah dikatakan sedia payung sebelum hujan. Jangan sampai ketika Qanun LKS diterapkan kita masih “meraba-raba” bagaimana menjalankan qanun tersebut.

Kita sama-sama meyakini bahwa dukungan semua pihak sangat berpengaruh untuk mensyariatkan ekonomi Aceh secara total. Zulfurqan

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!