Mengamalkan Al-Quran

GEMA JUMAT, 1 JUNI 2018

Oleh: Sayed Muhammad Husen

Ramadhan bulan Al-Quran diturunkan. Dengan spirit ini dan dukungan iklim dakwah yang kondusif, kaum muslimin memanfaatkan waktu untuk membaca, memahami dan berupaya maksimal dapat mengamalkan kandungan Al-Quran. Pada bulan Ramadhan, dimana- mana kita menyaksikan masyarakat muslim melakukan tadarus Al-Quran. Mereka membaca Al-Quran di rumah, di masjid/meunasah, bahkan ada yang melakukannya
sedang dalam perjalanan.

Membaca dan mempelajari Al-Quran telah menjadi bagian dari gaya hidup muslim selama Ramadhan. Sebelum Ramadhan tiba, sebagian muslimin Aceh membeli Quran baru dan buku-buku terkait dengan cara memahami kandungan Al-Quran.

Selama Ramadhan, mereka mencari informasi tentang kandungan Al-Quran dari berbagai media, termasuk dari internet. Semua merasa bahagia berinteraksi dengan wahyu Ilahi di bulan suci ini.

Kita berharap, kebiasaan berinteraksi dengan Al- Quran berlanjut pasca Ramadhan. Kebiasaan membaca, memahami dan menghafal Al-Quran patut kiranya dilanjutkan dengan ikhtiar sungguh-sungguh mengamalkan Al-Quran dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat dan bernegara. Sebab kita ingin menyaksikan negeri ini diwarnai seluruhnya oleh ajaran Al-Quran.

Lalu, apa yang mesti dilakukan untuk mewudkan pribadi dan masyarakat muslim yang mampu mengamalkan Al-Quran? Untuk ini, diperlukan langkah-langkah konkret, sehingga dari waktu ke waktu kita (Aceh) mampu menerapkan ajaran Al-Quran dalam semua aspek kehidupan, baik di bidang aqidah, ibadah dan muamalah. Langkah konkret itu, misalnya, bahwa pengajaran
Al-Quran dari tahapan terampil membaca dan menghafal, patut dilanjutkan dengan pengajian dan pengkajian kandungan Al-Quran (formal dan nonformal).

Langkah konkret lainnya adalah, pengkajian dan pengajian Al-Quran yang ada di Aceh, baik formal maupun informal, perlu dukungan semua pihak, sehingga dari waktu ke waktu studi Al-Quran semakin diminati masyarakat. Semoga tumbuh banyak Balai Pengajian Al-Quran, Jurusan Tafsir Al-Quran dan Pergururuan Tinggi Al-Quran.

Dengan sebaran ilmu-ilmu Al-Quran, maka akan memudahkan masyarakat memahami dan mengamalkan ajaran Al-Quran. Yang diperlukan berikutnya, komitmen kita mengamalkan Quran dalam semua dimensi kehidupan.

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!