Sifat-sifat ‘Ibadurrahman

GEMA JUMAT, 8 FEBRUARI 2019

Oleh H. Basri A. Bakar

“Adapun hamba-hamba Allah yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina) mereka mengucapkan salam”. (QS. Al Furqan : 63)

‘Ibadurrahman atau hamba-hamba Allah yang Maha Penyayang adalah orang-orang yang memiliki keimanan dan dihiasai dengan ketakwaan, serta dikasihi dan disayangi oleh Allah SWT yang Maha Rahman. Mereka disebut secara khusus dengan disandarkan kepada salah satu asma Allah yaitu Ar Rahman menjadi ‘ibadurrahman, menunjukkan betapa kasih sayang Allah yang secara khusus diberikan kepada mereka.

Dalam ayat tersebut, Allah swt menjelaskan perilaku, sifat-sifat atau karakter terpuji ‘Ibadurrahman.  Minimal ada 10 karakter ‘Ibadurrahman yang digambarakan Allah,  di antaranya adalah sikap tawadhu’ (rendah hati) dan santun kepada sesama termasuk kepada orang bodoh sekalipun. Tawadhu’ merupakan sikap terpuji yang dimiliki seseorang seperti  gaya hidupnya sederhana, tidak sombong, tidak ego dan congkak, istiqamah,  serta tidak berlebihan dalam mengejar keduniawian.

Karakter lainnya dari Ibadurrahman adalah gemar sholat malam. Sebagaimana firmanNya,” Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdo’a kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap”. (QS As Sajdah: 16). 

Demikian pula mereka memiliki karakter tidak berbuat syirik, membunuh, dan berzina. Allah berfirman yang artinya : “Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina”. (QS. Al Furqan: 68)

MARI SUBUH BERJAMAAH

SUBUH KELILING DKMA

Hari/ tanggal                : Sabtu, 9 Pebruari 2019

Tempat                        : Masjid  Haji Keuchik Leumiek Lamseupeung

Imam                           : Ust. Bukhari M. Ali

Penceramah               : Ust. H. Masrul Aidi, Lc

SAFARI SUBUH BBC

Hari/ tanggal                : Ahad, 10 Pebruari 2019

Tempat                        : Masjid  Haji Keuchik Leumiek Lamseupeung

Imam                           : Ust. Muhammad Taufiq

Penceramah               : Dr. H. Fauzi Saleh, Lc, MA

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!