Bulan Peningkatan

Gema JUmaT, 7 JULI 2017

Oleh H. Basri A. Bakar

Sesungguhnya amal yang paling dicintai Allah adalah yang terus menerus (kontinyu) meskipun sedikit  (HR. Bukhari dan Muslim)

Kita baru saja merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1438 H setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, semoga kita menjadi orang-orang yang bertaqwa yang mendapat ampunan dari Allah SWT.

Secara etimologi, syawal, yang artinya peningkatan, merupakan satu bulan yang menuntut kita meningkatkan amal kebajikan yang pernah dikerjakan di dalam bulan Ramadhan. Tidak hanya kwalitas ibadah tetapi juga kwalitas pribadinya, yang selama di bulan Ramadhan dilatih secara lahir batin. Hal itu merupakan target ibadah puasa. Pasca Ramadhan, diharapkan orang-orang yang beriman meraih derajat ketakwaan, sebagai seorang muslim yang terlahir kembali seperti kertas yang masih bersih.

Termasuk Peningkatan di bulan Syawal ini adalah saling memaafkan di antara sesama, yang ditradisikan dengan istilah halal-bihalal. Diawali dari pengakuan yang tulus bahwa kita sebagai hambaNya yang tidak luput dari salah dan dosa. Sehingga implikasinya, terhadap sesamanya pun tentu banyak salah dosanya. Karenanya, menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk meminta maaf dan saling memaafkan pada sesama.

Dalam mengarungi bulan Syawal ini, ada beberapa hal yang perlu adanya peningkatan kualitas dan perhatian seksama. Pertama, tentang niat menjalani berbagai aktivitas harus didasari karena Allah, untuk Allah, dan demi Allah. Selain itu perlu peningkatan kualitasnya adalah beribadah dan kinerjanya, baik dalam belajar, bekerja, maupun aktivitas lain. Hal berikutnya yang perlu peningkatan kualitasnya adalah pengetahuan pemahaman sekaligus realisasi jiwa ro’in (jiwa pemimpin atau pendidik). Selain itu yang perlu perhatian dalam peningkatan kualitasnya di bulan syawal ini adalah rasa  syukur secara mendalam bahwa hanya karena rahmat Allah-lah kita mampu menjalani kehidupan ini untuk taat kepadaNya.

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!