Jahiliyah Modern

Oleh H. Basri A. Bakar

Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki dan (hukum) siapakah yang lebih baik dari pada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin (QS. Al Maidah: 50).

Makna jahiliah menurut Al-Maududi, adalah setiap cara pandang yang tidak sesuai dengan cara pandang Islam, yang dari cara pandang yang tidak islami tersebut lahirlah perbuatan-perbuatan jahiliah.  Demikian pula Sayyid Qutb menegaskan bahwa jahiliyah adalah segala sesuatu yang merenggut dan mengambil hak prerogatif (kekuasaan berhukum) Allah Ta’ala dalam membuat dan menetapkan suatu hukum, aturan, dan undang-undang.  Muhammad Qutb menekankan bahwa jahiliyah adalah menolak untuk menjadikan syariat Allah sebagai pedoman hidup, dan membuat suatu aturan, adat, tradisi dan undang-undang yang menolak hukum Allah.

Dalam Al-Quran, kata “Jahiliah” disebutkan Allah SWT sebanyak empat kali, yaitu dalam arti sebuah keyakinan (zhann al-jahiliyyah), sistem hukum (hukm al-jahiliyyah), prilaku gaya hidup seperti orang jahiliyyah (tabarruj al-jahiliyyah) dan watak kesombongan (hamiyyah al-jahiliyyah).

Almarhum Buya Hamka pernah menjelaskan, bahwa orang jahiliyah zaman dahulu paham dan mengerti arti tauhid, tetapi tidak mau mengucapkannya, sementara orang jahiliyah zaman sekarang pandai mengucapkan tauhid, tetapi tidak paham apa maksud dan isinya. Inilah yang dinamakan orang pada zaman ini dengan jahiliyah modern. Islam dan jahiliah ibarat air dan minyak, tidak akan pernah bisa bercampur atau menyatu. Islam tetaplah Islam, yang tidak boleh tercampur sedikitpun dengan kejahiliyahan.

Saat ini banyak paham jahiliyah sedang berlaku di negeri kita, misalnya berpendapat LGBT boleh berkembang dan dianggap kodrati, saling tukar pasangan,  suara azan tidak perlu keras, menganggap agama apapun sama saja, menterjemahkan Surat Al Maidah ayat 51 dengan sesuka hati, belum lagi penistaan agama.  Mereka menista agama karena kebodohannya, yang didominasi oleh hawa nafsu belaka, bukan dilandasi dengan ilmu, iman dan takwa. Oleh karena itu, ummat Islam harus bersikap waspada dengan paham jahiliyah yang menyusup baik secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi saat ini.

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!