Jauhi Berita Hoax

GEMA JUMAT, 16 NOVEMBER 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. (QS. Al Hujurat : 6).

Hoax atau berita bohong/fitnah saat ini menjadi konsumsi sehari-hari bagi orang-orang yang tidak pintar memilih dan memilah, sehingga kerap menjadi bencana dan dosa. Dalam sejarah Islam, berita bohong menjadi penyebab pertama perpecahan ummat Islam, mula pertama terjadi saat terbunuhnya Khalifah Utsman bin Affan, yang kemudian disebut sebagai al-fitnah al-kubra (fitnah besar). Saat itu umat Islam saling menebar berita bohong (hoax) tentang peristiwa pembunuhan Khalifah Utsman untuk kepentingan politik yang menyebakan terjadi perpecahan ummat Islam, yang berlanjut pada peperangan antara Ali dan Muawiyah serta lahirnya sekte-sekte dalam Islam.

Di era teknologi informasi sekarang ini, berita hoax hampir ditemui di segala lini kehidupan terutama di media sosial. Mungin lebih sejuta infomrasi hoax beredar setiap hari, yang kemudian dikonsumsi oleh siapa saja yang menggunakan fasilitas penerima informasi. Yang paling parah lagi, berita hoax tersebut ikut dishare atau dibagikan ke orang lain, sehingga dapat dibayangkan bagaimana dahsyat penyebarannya.

Dalam Surat Hujurat ayat 6 tersebut, Allah sangat melarang kita yang beriman agar  bersikap hati-hati terhadap berita yang diterima. Allah menyuruh orang-orang yang beriman memastikan kebenaran berita yang sampai kepada mereka. Sebab, tidak semua berita yang beredar itu benar atau sesuai dengan fakta. Maka kita harus bijaksana, memeriksa dan cek ricek apakah berita tersebut benar atau bohong agar kita selamat dari kekejian berita. Rasulullah pernah bersabda: “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau diam.” (HR. Bukhari Muslim)

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!