Karakter ‘Ibadurrahman

GEMA JUMAT, 31 AGUSTUS 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

“Adapun hamba-hamba Allah yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina) mereka mengucapkan salam”. (QS. Al Furqan : 63)

‘Ibadurrahman atau hamba-hamba Allah yang Maha Penyayang adalah orang-orang yang memiliki keimanan dan dihiasai dengan ketakwaan, serta dikasihi dan disayangi oleh Allah SWT yang Maha Rahman. Mereka disebut secara khusus dengan disandarkan kepada salah satu asma Allah yaitu Arrahman menjadi ‘ibadurrahman, menunjukkan betapa kasih sayang Allah yang secara khusus diberikan kepada mereka.

Dalam ayat tersebut, Allah swt menjelaskan perilaku atau karakter terpuji ‘Ibadurrahman, beberapa di antaranya adalah sikap tawadhu’ (rendah hati) dan santun kepada sesama termasuk kepada orang bodoh sekalipun.

Tawadhu’ merupakan sikap terpuji yang dimiliki seseorang seperti  gaya hidupnya sederhana, tidak sombong, tidak ego dan congkak, istiqamah,  serta tidak berlebihan dalam mengejar keduniawian. Orang-orang yang tawadhu’ karena Allah, maka Allah akan meninggikan derajatnya sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah r.a. Rasulullah SAW bersabda : “Tidaklah sedekah itu mengurangi harta seseorang dan tidaklah Allah menambahkan ampunan seorang hamba kecuali dia akan bertambah mulia, dan tiada seseorang yang tawadhu’ (rendah hati) karena Allah, melainkan Allah meninggikan derajatnya”.

Karakter lainnya dari Ibadurrahman adalah berlaku santun dan sopan kepada orang bodoh. Mereka tidak pernah menghina kebodohan orang-orang di sekelilingnya dengan celaan yang menyakitkan dan tak pernah membalas keburukan dengan keburukan demi menjaga kehormatannya. Bahwa mereka bukan hanya orang-orang yang rendah hati dan tidak sombong, namun mereka juga selalu berusaha menuturkan kata-kata yang baik dan santun kendatipun di hadapan orang yang jahil sekalipun.

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!