Melestarikan Alam

GEMA JUMAT, 25 JANUARI 2019

Oleh H. Basri A. Bakar

“Kami tidak ciptakan langit dan bumi serta apa yang berada di antara keduanya kecuali de­ngan (tujuan) yang hak dan dalam waktu yang ditentukan.” (QS. Al- Ahqaf: 3).

Islam sebagai agama yang secara organik memperhatiakn manusia danlingkungannya memiliki potensi amat besar untuk melindungi bumi. Dalam Al Qur’an sendiri kata “bumi” (ardh) disebut sebanyak 485 kali dengan konteksdan arti yang beragam.Dibagian lain komponen-komponen lain di bumi danlingkungan hidup juga disebut dalam Al Qur’an dan Hadits.  Sebagai contoh manusia sebagai pusat lingkungan yang disebut sebagai khalifah terdapat dalam QS. Al-Baqarah: 30.

Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia. Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanyamerupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Pada pelaksanaannya, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan yang dapat digunakan sebagai payung hukum  bagi  aparat  pemerintah  dan  masyarakat  dalam  bertindak untuk melestarikan lingkungan hidup.

Syariat Islam sangat memperhatikan kelestarian alam, meskipun dalam jihâd fi sabilillah. Allah swt telah melarang perbuatan merusak lingkungan hidup karena bisa membahayakan kehidupan manusia di muka bumi. Kaum Muslimin tidak diperbolehkan membakar dan menebangi pohon tanpa alasan dan keperluan yang jelas.  Karena bumi yang kita tempati ini adalah milik Allah Azza wa Jalla dan kita hanya diamanahkan untuk menempatinya sampai pada batas waktu yang telah Allâh Azza wa Jalla tetapkan. Oleh karena itu, manusia tidak boleh semena-mena mengeksplorasi alam tanpa memikirkan akibat yang muncul.

Allah Azza wa Jalla berfirman yang artinya :  “Itulah ayat-ayat Allah Azza wa Jalla. Kami bacakan ayat-ayat itu kepadamu dengan benar dan tiadalah Allah berkehendak untuk menganiaya hamba-hambaNya”. (QS. Ali Imrân:108)

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!