Membantu Sesama Muslim

GEMA JUMAT, 1 FEBRUARI 2019

Oleh H. Basri A. Bakar

“Amalan yang paling dicintai Allah Ta’ala adalah engkau menyenangkan seorang muslim, atau engkau mengatasi kesulitannya, atau engkau menghilangkan laparnya, atau engkau membayarkan hutangnya.” (HR. Thabrani)

Dalam agama Islam, membantu sesama muslim menduduki amalan paling mulia. Ini menunjukkan bahwa hidup di dunia ini tidak boleh hanya mementingkan diri sendiri tanpa peduli kepada orang lain. Sebab ibarat satu tubuh, bila ada bagian anggotanya yang sakit, maka seluruh tubuh akan merasakan dampaknya. Begitulah persatuan umat Islam yang diibaratkan oleh Nabi SAW. Ketika ada saudaranya sakit, tertimpa musibah atau terzalimi, maka pada hakikatnya seluruh umat Islam juga ikut merasakan sakit. Rasulullah bersabda : “Perumpamaan kaum mukmin dalam sikap saling mencintai, mengasihi dan menyayangi, seumpama tubuh, jika satu anggota tubuh sakit, maka anggota tubuh yang lain akan susah tidur atau merasakan demam.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu, kita hendaknya berupaya untuk membantu meringankan atau menghilangkan kesulitan orang lain terutama yang seakidah. Saat ini masih banyak saudara kita yang belum beruntung nasibnya terutama yang tinggal di pedalaman, mereka terbelit dengan kemiskinan dan ketidakmampuannya.  Ketahuilah, ketika kita menolong mereka, sesungguhnya kita sedang menolong diri kita sendiri. Di akhirat kelak, kita butuh pertolongan Allah agar terlepas dari kehausan, kelaparan maupun panasnya terik matahari yang menyengat. Rasulullah menganjurkan, jika saudara kita mengalami kesulitan untuk memenuhi hajat hidupnya, seperti makan, minum dan pakaian saat di dunia ini,  maka cara menghilangkan kesusahannya adalah dengan memenuhi kebutuhan mereka.

Rasulullah SAW bersabda : Dari Abu Hurairah  dia berkata: Rasulullah  bersabda: “Barang siapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia, maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat. Dan barang siapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan, maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat” (HR. Muslim no. 2699).

MARI SUBUH BERJAMAAH

SUBUH KELILING DKMA

Hari/ tanggal                : Sabtu, 2 Pebruari 2019

Tempat                        : Masjid Al Hasyimiyah

Imam                           : Ust. Bukhari M. Ali

Penceramah               : Tgk. Edi Syuhada, SS

SAFARI SUBUH BBC

Hari/ tanggal                : Ahad, 3 Pebruari 2019

Tempat                        : Masjid  Al Huda Gp. Laksana

Imam                           : Ust. Ivan Aulia, Lc, MA

Penceramah               : Ust. H. Mursalin Basyah, Lc, MA

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!