Membantu Sesama

GEMA JUMAT, 12 OKTOBER 2018

Oleh: H. Basri A. Bakar

“Orang yang menebar kasih sayang akan disayang oleh Allah Yang Maha Penyayang. Oleh karenaitu sayangilah yang di muka bumi, kalian pasti akan disayangi oleh Allah yang berada di atas langit.” (HR. Tirmidzi)

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Saling melengkapi dan hidup penuh dalam nuansa kebersamaan.  Itulah sebabnya, maka dibutuhkan kerjasama, tenggangrasa dan saling toleransi satu dengan lainnya. Sebab secara umum tujuan kehidupan manusia itu, apapun agama, suku, kelompok dan perbedaan lainnya memiliki satu tujuan yaitu kebahagiaan hakiki di dunia dan akhirat.

Selain melakukan tolong menolong dalam perkara ma’ruf sesama muslim, kaum muslim dianjurkan juga untuk melakukannya kepada mereka yang non-muslim, karena Islam sangat menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan. Bukankah Rasulullah sendiri bertetangga dan berbuat baik dengan Yahudi sekalipun. Mengunjungi saat ia sakit dan memberi bantuan saat dibutuhkan. Justru dengan akhlak terpuji itulah, banyak dari mereka yang sebelumnya membenci Rasulllah berbalik menjadi pembela agama Allah.

Islam sangat menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan saling tolong menolong. Bahkan sebagai seorang muslim kita harus berlaku adil terhadap mereka yang non muslim, dengan ketentuan tidak menghina dan mengotori akidah muslim dan tidak menjatuhkan ia kedalam kendali kemaksiatan. Sikap ini justru merupakan ladang dakwah tersendiri bagi orang yang beriman.

Baru-baru ini musibah gempa tsunami yang menimpa saudara kita di Palu Sulawesi Tengah seharusnya menggugah kita untuk membantu mereka dengan berbagai bentuk mulai doa, pakaian, makanan, tempat tinggal dan lain-lain, tidak peduli apakah mereka muslim atau beragama lain. Alhamdulillah kepedulian muslim untuk membantu korban di lokasi musibah tersebut sangat tinggi termasuk di Aceh, semoga Allah SWT membalas dengan pahala berlipat ganda.

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!