Memilih Pemimpin

GEMA JUMAT, 29 JUNI 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi WALI (pemimpin) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah kami ingin mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu)?” (QS:  An Nisa’ : 144)

Tanggal 27 Juni lalu telah berlangsung Pilkada serentak untuk memilih Gubernur/ Wagub dan Bupati/ Walikota dan wakilnya. Tentu saja dari sekian pasangan bakal calon, hanya satu pasangan yang terpilih sedangkan lainnya gagal menjadi pemimpin. Kalau kita kembali ke hakekat, maka sebenarnya apa yang kita lakoni sudah dalam scenario Allah semua, termasuk seseorang yang terpilih menjadi pemimpin.

Pemimpin dapat juga bermakna seseorang yang memiliki kewenangan besar dalam menentukan arah dan kebijakan strategis yang berdampak bagi kehidupan ummat yang dipimpinnya di suatu wilayah tertentu. Oleh karena itu tugas pemimpin sebenarnya sangat berat baik pertanggungan jawab kepada manusia maupun kepada Allah.

Dalam Islam, kepemimpinan adalah salah satu aspek yang dianggap sangat penting. Seorang pemimpin bertanggung jawab terhadap hitam putihnya masyarakat yang dipimpin tidak terkecuali dalam urusan agama. Oleh karena itu Islam sudah mengatur sosok pemimpin yang ideal yang tidak hanya pintar mengatur masalah keduniaan tetapi juga mampu mengarahkan ummat ke jalan yang diridhai Allah SWT.

Banyak ayat dalam al-Quran yang menegaskan larangan memilih non muslim (kafir) sebagai pemimpin bagi kaum Muslimin. Di antara ayat-ayat tersebut adalah : QS. Al Maidah: 51, QS Al-Maidah: 80-81, QS Al-Mumtahanah: 1 dan lain-lain. Malah dalam Surat An Nisa’ Allah menegaskan, yang artinya :

“Kabarkanlah kepada orang-orang MUNAFIQ bahwa mereka akan mendapat siksaan yang pedih. (Yaitu) orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi WALI (pemimpin/teman penolong) dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu ? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah.” (QS: An-Nisa’: 138-139)

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!