Mencetak Generasi Islami

Gema Jum’at, 29 April 2016

Oleh: H. Basri A. Bakar

“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh karena itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.” (QS. An Nisa : 9)

Ada pepatah Arab mengatakan : Sesungguhnya di tangan generasi muda masa depan bangsa dan umat ini. Bila generasi itu baik, kuat iman, kuat kecerdasannya, kuat hartanya, maka kuatlah suatu bangsa. Jika generasi itu rusak, maka hancurlah masa depan umat dan bangsa tersebut.

Kita patut prihatin dengan generasi muda kita saat ini baik di kora maupun di desa-desa. Umumnya mereka krisis akhlak dan krisis iman. Hampir sebagian waktu sehari-hari, mereka dididik oleh musuh-musuh Islam (orang-orang kafir) melalui gaya hidup glamour, pergaulan bebas, merokok, minuman keras, narkoba dan sebagainya. Tujuannya adalah untuk menghancurkan masa depan bangsa kita.   Itulah agenda terselubung yang harus kita waspadai dari budaya Barat dan musuh Islam yang menghendaki generasi kita umat muslim terbesar di dunia bisa hancur.  Ketahuilah, bila satu generasi hancur, maka sudah tidak ada lagi generasi muslim di dunia ini.

Oleh karena itu menjadi tanggung jawab kita untuk menyelamatkan generasi muda dari virus-virus yang merusak mereka melalui benteng iman dan agama. Jangan biarkan hati mereka duluan dirangkul oleh musuh Islam. Masjid harus menjadi sentral pembinaan akidah, remaja masjid harus aktif dengan “menjual” program bernilai produktif dalam menempa generasi islami. Untuk itu pengurus masjid wajib memfasilitasi dan mendukung kebijakan positip baik dana maupun spirit bagi aktifnya kegiatan masjid. Jangan sampai ada masjid yang menyimpan deposito di Bank. Kita sesungguhnya tidak mewariskan rupiah kepada generasi tetapi akidah yang mantap untuk mereka. Generasi muda kita harus menjadi generasi berlian.  Maka dalam Hadits shahih Rasulullah SAW menyatakan : “Sebaik-baik generasi manusia di dunia ini adalah generasi semasa aku, sesudahnya dan sesudahnya”.

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!