Mencintai Rasulullah

GEMA JUMAT, 23 NOVEMBER 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

Demi Allah, salah seorang dari kalian tidak akan dianggap beriman hingga diriku lebih dia cintai dari pada orang tua, anaknya dan seluruh manusia.(HR. Al-Bukhari)

Cinta kepada Rasulullah SAW adalah bagian dari kesempurnaan iman dan cara untuk mendapatkan kecintaan Allah. Tanda atau bukti kecintaan kepada Rasulullah SAW yang utama adalah dengan meneladani beliau, mengamalkan sunnahnya, mengikuti semua ucapan dan perbuatannya. Demikian juga melaksanakan segala perintah dan menjauhi larangannya, serta menghiasi diri dengan adab-adab (etika) yang beliau contohkan, dalam keadaan susah maupun senang dan lapang maupun sempit.

Allah berfirman yang artinya :
Katakanlah, jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah (sunnah/ petunjuk) ku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS. Ali ‘Imran: 31).

Di antara cara mencintai Rasulullah SAW sesuai syariat Islam serta yang telah dicontohkan oleh para salaf ash-shalih adalah mentauhidkan Allah. Sebagaimana diketahui, bahwa hikmah utama diutusnya Rasulullah adalah untuk menyeru manusia kembali kepada tauhid yang murni dan menentang syirik. Allah SWT berfirman yang artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus di kalangan tiap-tiap umat seorang Rasul (agar menyeru mereka). Hendaklah kamu menyembah Allah dan jauhi Taghut.(QS. al-Nahl : 36)

Kedua, mengucapkan shalawat dan salam kepada Nabi SAW, sebagaimana firman Allah SWT: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu kepada Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.(QS. Al-Ahzaab: 56). Selanjutnya membenci orang-orang  yang Allah dan Rasul-Nya benci, memusuhi orang yang memusuhi Allah dan Rasul-Nya, menjauhi orang yang menyalahi sunnahnya dan syariat Islam, serta membenci semua perkara yang menyalahi syariat serta membenarkan berita-berita yang beliau sampaikan. Selanjutnya bukti kecintaan kepada Rasul adalah beribadah kepada Allah dengan tata-cara yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW, tanpa ditambah-tambah ataupun dikurangi.

 

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!