Menggapai Juara Akhirat

GEMA JUMAT, 6 JULI 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

Sungguh beruntung orang-orang yang menyucikan diri (dengan beriman), dan mengingat nama tuhannya lalu dia shalat, sedangkan orang-orang kafir memilih kehidupan dunia, padahal kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal”. (QS. Al A’la: 14-17)

Ayat tersebut memberikan informasikan khususnya kepada kita ummat Islam bahwa kehidupan di akhirat kelak kekal abadi, sementara kehidupan di dunia difatnya sementara dan sangat singkat. Kalau orang-orang kafr wajar memilih kehidupan dunia dengan segala kemewahannya karena mereka tidak percaya hari berbangkit atau hari pembalasan, sehingga mereka berlomba-lomba untuk memperoleh juara dunia dalam segala bidang.

Sebagai ummat beriman sepantasnya kita harus berlomba-lomba untuk menggapai juara akhirat. Artinya kita berusaha selama hidup di dunia untuk beramal dan bertakwa kepada Allah sehingga nanti menjadi juara dengan imbalan kenikmatan surga yang tiada tara. Allah menyeru kepada kita dengan firmanNya yang artinya : Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan”. (QS. Al-Maaidah: 35)

Sungguh amat merugi orang-orang yang hanya mejadi penonton bagi perlombaan yang dilakukan oleh orang lain seperti Piala Dunia Sepak Bola hingga mau bangun tengah malam hanya untuk menonton dan melihat prosesi siapa yang menjadi juara dunia. Dampaknya sampai tidak terbangun shalat subuh sebagai kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Waktunya banyak dihabiskan sia-sia di warung kopi dengan meninggalkan kewajiban terhadap keluarganya.

Semoga kita tetap diberi kesempatan oleh Allah menjadi hambaNya yang tidak condong kepada keduniaan menyebabkan lupa terhadap nasib kita nanti di akhirat. “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)” (QS. Ali Imran: 8)

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!