Meningkatkan Amal Ibadah

GEMA JUMAT, 22 JUNI 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

Maka istiqamahlah kamu, sebagaimana diperintahkan kepadamu dan (juga) orang yang telah bertaubat beserta kamu dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Dia Maha Melihat apa yang kamu kerjakan. (QS. Hud : 112)

Secara etimologi, arti kata “Syawal” adalah peningkatan. Perkataan “Syawal” berasal dari bahasa Arab, yaitu syala yang berarti irtafa’a, naik atau meninggi. Orang Arab biasa berkata, syala al-mizan (naik timbangan), idza irtafa’a (apabila ia telah meninggi). Hal itu merupakan salah satu target ibadah puasa. Artinya pasca-Ramadan diharapkan orang-orang yang beriman meraih derajat ketaqwaan, sehingga di bulan Syawal ini kualitas ketaqwaan dan keimanannya mengalami peningkatan.

Ada dua alasan mengapa bulan setelah Ramadhan itu dinamai Syawal, bulan yang naik atau meninggi? Pertama, karena derajat kaum muslim meninggi di mata Allah. Hal ini karena mereka telah mendapat pengampunan dari Allah setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Sebagaimana sabda Rasulullah,“Barang siapa berpuasa di bulan Ramadan karena iman dan tulus kepada Allah, maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah.”

Kedua, secara moral dan spiritual, kita memang seyogianya harus mempertahankan dan meningkatkan nilai-nilai amaliah Ramadan pada bulan ini dan bulan-bulan berikutnya hingga datang Ramadan tahun depan, sehingga derajat muttaqin dan nilai-nilai luhur yang diperoleh dalam bulan Ramadhan tetap bersemi. Dengan demikian, Syawal bermakna bulan peningkatan ibadah dan amal saleh sebagai kelanjutan dari pendidikan moral dan spiritual yang ditempa sebulan penuh selama Ramadhan. Jangan sebaliknya, pasca-Ramadan, malah kembali melakukan dosa-dosa dan berpaling dari petunjuk Allah dengan berbagai macam maksiat baik kecil maupun besar.

Hendaknya kita berusaha untuk meminimalkannya agar tidak larut dalam hal tersebut. Maru kita pelihara dan jaga kesucian diri kita sepanjang waktu sampai Malaikat Maut menjemput ajal, sesuai dengan prinsip istiqamah yang diajarkan oleh Islam.

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!