Menutupi Aib Orang

GEMA JUMAT, 20 JULI 2018

Oleh H. Basri A. Bakar

“Dan barangsiapa yang menutupi (aib) seorang muslim sewaktu di dunia, maka Allah akan menutup (aibnya) di dunia dan akhirat.” (HR. At Tirmidzi)

Kemajuan internet bukan hanya dilihat dari sisi negatif, namun juga sisi posistif karena sangat bermanfaat  dalam berdakwah bil qalam. Seseorang bisa menyampaikan berita, informasi dan pesan-pesan moril kepada banyak orang dalam tempo singkat yang tidak mengenal sekat geografis.  Namun kenyataannya memang ironis, saat ini siapapun dengan perangkat android mudah sekali mengakses atau menerima berita-berita yang cenderung tidak bermanfaat bahkan menjurus fitnah dan membuka aib orang lain secara terang-terangan.

Allah mengingatkan dosa bagi orang yang suka menebar aib dalam firmanNya yang artinya, “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah SWT Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (Al Hujurat : 12)

Menceritakan aib orang lain adalah termasuk dosa besar dan termasuk maksiat yang paling tersebar di kalangan kaum muslimin. Karena pada dasarnya diharamkan bagi seorang muslim mengungkapkan aib saudaranya karena ini termasuk perbuatan ghibah, yaitu mengungkap­kan aib saudaranya sesama muslim pada saat orang itu tidak ada di hadapannya dan saudaranya itu tidak menyukainya.

Oleh karenaitu, keutamaan bagi seseorang melindungi kehormatan muslim lainnya, sehingga Allah akan memelihara dirinya dari api neraka pada hari kiamat kelak. Termasuk dalam hal ini haram bagi seseorang mendengarkan ghibah, karena orang yang mendengarkan telah membantu saudaranya untuk ghibah dan ridha dengan ghibah tersebut.

 

 

 

comments
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!